Muncul Wacana Menggelar Asian Nations League

Logo AFC
Sumber :
  • the-afc.com

VIVA – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) disodorkan wacana menggelar Asian Nations League pada tahun depan. Gagasan tersebut muncul setelah melihat adanya UEFA Nations League di benua Eropa.

Format Kualifikasi Piala Asia 2023 Resmi Diubah

Ajang tersebut merupakan cara UEFA mengurangi uji coba internasional yang tidak bermutu. Diharapkan nantinya, tim-tim Eropa bisa lebih kompetitif dalam mengisi masa jeda internasional.

Sekretaris Jenderal AFC, Windsor Paul John menilai, gagasan adanya Asian Nations League memang bagus. Akan tetapi, pihaknya harus melihat ke depan, terutama harmonisasi dengan visi dan misi mereka.

Kisah Timnas Israel Dimusuhi Asia hingga Ngungsi ke Eropa

"Rencana itu memang baik, tetapi kita akan mengkaji semua pertandingan AFC dalam waktu dekat, dan memastikan semuanya selaras dengan visi misi AFC," kata Windsor, dikutip dari Berita Harian.

Menurut Windsor, menggelar turnamen bukanlah tugas mudah. Mereka harus melakukan kajian mendalam, sehingga ketika diimplementasikan bisa maksimal.

Timnas Indonesia Dipatok Target Tinggi di Kualifikasi Piala Asia U-23

Jika pun diadakan, negara peserta Asian Nations League akan banyak. Berbeda dengan UEFA yang cuma diikuti sebanyak 55 negara dan dibagi dalam empat strata.

Pertandingan PSIS Semarang vs Arema FC.

Arema FC Diganjar Sertifikat AFC Club Licensing 2021

Media Officer Arema FC, Sudarmaji mengatakan diterimanya sertifikat itu tentu membuat langkah Arema FC untuk bermain di level Asia terbuka.

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2022