Piala AFC Zona ASEAN Batal, Persipura dan Bali United Gagal Mentas

Logo AFC
Sumber :
  • AFC

VIVA – Kabar pahit datang dari AFC. Induk sepakbola Asia itu mengonfirmasi pembatalan Piala AFC 2021 Zona ASEAN.

Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya

Keputusan tersebut memastikan dua wakil Indonesia, Bali United dan Persipura Jayapura, gagal tampil di kompetisi antarklub Asia tersebut.

AFC memilih untuk membatalkan Piala AFC Zona ASEAN dikarenakan sulit menemukan tuan rumah untuk menggelar pertandingan akibat dari meningkatnya kasus virus COVID-19 di kawasan Asia Tenggara. Imbasnya, seluruh laga di Grup G, H, dan I yang merupakan zona ASEAN serta laga play-off telah resmi dibatalkan.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

"AFC hari ini mengkonfirmasi bahwa seluruh pertandingan Piala AFC 2021 Zona ASEAN, yang terdiri dari Grup G, H, dan I serta babak play-off telah dibatalkan karena tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi global dalam menemukan tuan rumah yang cocok untuk menggelar pertandingan secara terpusat," demikian bunyi pernyataan resmi AFC.

Sejatinya, Singapura sebelumnya sempat ditunjuk menjadi tuan rumah Zona ASEAN. Namun, mereka memilih mundur setelah kasus positif COVID-19 kembali meningkat.

Spanduk Sindiran Suporter Bali United untuk Bhayangkara FC: Degradasi Karma 2017

Adapun, AFC tetap melanjutkan pertandingan di zona lainnya setelah berkomunikasi dengan Komite Eksekutif AFC pada 5 Juli lalu. Hanya saja, ada format yang disesuaikan.

"Sebagai bagian dari komitmen AFC untuk menyelesaikan Piala AFC 2021 dan sebagaimana disetujui oleh Komite Eksekutif AFC pada 5 Juli 2021, pertandingan dan grup Piala AFC 2021 di seluruh zona yang tersisa akan terus dipertahankan dengan mempertimbangkan format yang ada serta ketersediaan tuan rumah terpusat di setiap zona," tulis pernyataan tersebut.

Selain itu, Konfederasi Sepakbola Asia tersebut juga mengumumkan penundaan pengundian fase gugur Piala AFC 2021. Penundaan hingga 4 Agustus mendatang.

"Undian Tahap Knockout Piala AFC yang semula dijadwalkan 7 Juli 2021, ditunda sementara hingga 4 Agustus 2021," lanjut pernyataan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya