Liga 1 Ditunda demi Klub dan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Bali United Menyayangkan

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA – Liga 1 2023/24 mengalami penundaan pada awal bulan April 2024 jelang memasuki pekan ke-31. Penundaan kompetisi tersebut karena mendukung persiapan dan pelaksanaan Timnas Indonesia di Piala Asia U23 yang akan berlangsung di Qatar.

Erick Thohir Minta Doa Rakyat untuk Kemenangan Timnas Indonesia atas Uzbekistan

Menanggapi keputusan itu, Pelatih kepala Bali United, Stefano Cugurra menyebutkan bila akan memberikan waktu libur untuk anak asuhnya jelang hari raya Idul Fitri tahun ini.

“Saat ini yang terdekat akan ada waktu libur tiga hari sesudah melawan Persija Jakarta. Nanti ketika hari raya Idul Fitri akan ada beberapa waktu diliburkan untuk berkumpul bersama keluarga,” ujar Coach Teco.

Nobar Timnas Indonesia U-23 di Alun-Alun Klaten, Penonton Dilarang Bawa Miras

Dengan adanya penundaan kompetisi Liga pekan ke-31 hingga babak Championship Series ini, maka jeda berhentinya pertandingan akan cukup lama.

Kurang lebih satu bulan kedepan tidak akan dilaksanakannya pertandingan kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Hal itu karena 18 kontestan Liga 1 akan mendukung persiapan Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala Asia U23 pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

3 Layar LED Videotron Meriahkan Nobar Timnas Indonesia U-23 di Balai Kota Semarang

Pelatih asal Brasil ini sedikit menyayangkan dengan adanya penundaan kompetisi yang membuat program latihan harus mengalami perubahan.

“Pasti situasi kurang buat pelatih karena harus bikin program latihan ketika jadwal awal ada perubahan. Kami tim pelatih harus punya planning atau rencana baru buat pemain tetap punya semangat di latihan,” jelas Coach Teco.

Kebugaran fisik pemain memang sangat dipengaruhi dengan jadwal pertandingan yang sistematis dan recovery yang bagus. Tetapi ketika recovery panjang terjadi dan kembali memulai kompetisi, maka situasi pertandingan akan kembali melakukan penyesuaian.

Namun mesti situasi berkata demikian, Coach Teco tetap menghormati keputusan dari operator kompetisi bersama PSSI demi menyukseskan prestasi Timnas Indonesia di Piala Asia U23 tahun ini.

Sementara itu, jadwal pekan ke-31 hingga akhir pekan ke-34 serta babak Championship Series akan mengalami penyesuaian jadwal yang baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya