Bekuk Arab Saudi, Jepang Ladeni Vietnam di Perempat Final Piala Asia

Skuat Timnas Jepang
Sumber :
  • instagram.com/japanfootballassociation/

VIVA – Duel seru tersaji di babak 16 besar Piala Asia 2019 yang mempertemukan dua raksasa Benua Kuning, yaitu Timnas Jepang dan Timnas Arab Saudi. Tampil di Stadion Al-Sharjah, Sharjah, Jepang berhasil melaju ke perempat final setelah unggul tipis 1-0.

Kondisi Tidak Ideal, Marc Klok Siap Tempur Lawan Timnas Vietnam

Di awal pertandingan kedua tim tampak berhati-hati dalam melancarkan serangan, baik Jepang dan Arab Saudi sama-sama menampilkan tempo yang biasa-biasa saja. Pada 10 menit awal pertandingan berjalan, belum ada peluang emas yang diciptakan Jepang ataupun Arab Saudi.

Setelah itu, Arab Saudi terlihat tampil agresif dan sangat dominan dalam penguasaan bola. Namun, beberapa kali upaya mereka dalam membangun serangan selalu dapat dipatahkan oleh lini belakang  Jepang.

Tragis, Pemain yang Sindir Indonesia Rasa Belanda Dicoret dari Timnas Vietnam

Meski kalah dalam penguasaan bola, namun Jepang mampu membuka keunggulan pada menit ke-20. Berawal dari situasi sepak pojok, Gaku Shibasaki mengirim umpan silang ke dalam kotak penalti. Takehiro Tomiyasu yang berdiri tepat berhasil menyundul bola tersebut ke arah gawang Arab Saudi yang tak dapat diblok oleh kiper Mohammed Al Owais.

Keunggulan 1-0, membuat Jepang bermain lebih tenang. Sedangkan, Arab Saudi menjadi panik dan sering kali mereka melakukan pelanggaran.

Serangan Balik Shin Tae-yong ke Pemain Vietnam: Dia Tidak Bisa Baca

Pada menit ke-35, Arab Saudi memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan. Namun, tembakan jarak jauh yang dilepaskan oleh Hattan Bahbri dengan kaki kirinya masih melebar di samping gawang Jepang.

Hattan Bahbri kembali sanggup mengancam gawang Jepang pada masa injury time babak pertama. Sayangnya, tendangan terukur yang dilepaskannya masih dapat ditepis oleh kiper Shuichi Gonda.

Di waktu yang tersisa pada paruh pertama tak ada lagi gol yang tercipta. Jepang mampu unggul 1-0 atas Arab Saudi saat wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama.

Selepas jeda, pertandingan berjalan masih sama seperti di babak pertama. Usai kick off, kedua kesebelasan tetap tampil dengan ritme yang tidak cepat.

Arab Saudi yang berupaya keras untuk mengejar ketertinggalan mencoba mengambil inisiatif penguasaan bola. Akan tetapi, kedisiplinan barisan pertahanan Jepang membuat setiap serangan dari Arab Saudi selalu kandas.

Keasyikan menguasai bola membuat Arab Saudi kehilangan konsentrasi untuk menjaga pertahanan. Menit ke-58, Jepang hampir saja mencetak gol kedua melalui situasi tendangan sudut, namun sayang, sundulan Wataru Endo masih melambung di atas mistar gawang.

Berselang satu menit kemudian, Arab Saudi mencoba membongkar pertahanan Jepang lewat serangan balik. Tapi sayang, penyelesaian akhir dari Salem Al Dawsari masih belum menemui sasaran.

Pada lima menit jelang waktu normal berakhir, Arab Saudi terus menggempur secara sporadis pertahanan Jepang. Namun, berbagai usaha yang mereka lakukan tak kunjung menuai.

Hingga wasit asal Uzbekistan, Ravshan Irmatov meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, Jepang sukses mempertahankan skor 1-0 atas Arab Saudi dan berhak melaju ke babak perempat final.

Di fase selanjutnya, Jepang sudah ditunggu oleh satu-satunya wakil Asia Tenggara yang tersisa yakni Vietnam, yang kemarin berhasil menyingkirkan Jordania melalui drama adu penalti. Laga Jepang melawan Vietnam sendiri akan berlangsung pada Kamis, 24 Januari 2019 di Stadion Al Maktoum, Dubai.

Susunan Pemain:

Jepang: Shuichi Gonda (GK); Maya Yoshida, Yuto Nagatomo, Hiroki Sakai, Wataru Endo, Takehiro Tomiyasu, Genki Haraguchi, Gaku Shibasaki, Ritsu Doan (Tsukasa Shiotani 89'), Yoshinori Muto (Koya Kitagawa 90'), Takumi Minamino (Junya Ito 77').

Arab Saudi: Mohammed Al Owais (GK); Yasir Al Shahrani, Mohammed Al Fatil, Mohammed Al Burayk, Ali Albulayhi, Hussain Al Mogahwi, Hattan Babhir (Abdulrahman Ghareeb 88'), Salem Al Dawsari, Abdullah Otayf (Mohammed Al Saiari 78'), Abdulaziz Al Bishi (Yehya Al Shehri 56'), Fahad Al Muwallad. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya