Langkah Besar Barcelona dalam Upaya Pertahankan Gelar LaLiga

Pemain Barcelona rayakan gol.
Sumber :
  • https://twitter.com/FCBarcelona

VIVA – Barcelona mengambil langkah besar dalam perburuan gelar LaLiga musim ini. Blaugrana sukses menekuk rival terdekat Atletico Madrid 2-0 di Camp Nou, Minggu dini hari WIB.

Siang terik dan Malam Hujan Indikasi Akhir Musim Transisi, Menurut BRIN

Barca mendapat angin segar, usai Atletico bermain dengan 10 pemain sejak menit 28. Diego Costa menerima kartu merah usai melontarkan kata-kata kasar kepada wasit Jesus Gil Manzano.

Faktanya, Barca harus menunggu hingga menit 85 untuk membobol gawang Atletico yang dikawal Jan Oblak. Luis Suarez memecah kebuntuan tuan rumah, disusul gol Lionel Messi semenit kemudian.

Cerita Inter Milan Bajak Lautaro Martinez dari Atletico Madrid

Kemenangan ini membuat jarak Barca dengan Atletico menjadi 11 angka. Dengan 7 laga tersisa, peluang Barca mempertahankan gelar terhitung besar.

Barca kokoh di puncak klasemen dengan 73 poin dari 31 laga. Atletico menyusul dengan torehan 62 poin.

Carlo Ancelotti Masuk Daftar Pelatih Terhebat dalam Sejarah Real Madrid

Barca semakin dekat untuk mempertahankan gelar LaLiga yang diraih musim lalu. Jika juara, ini akan menjadi gelar yang ke-26 untuk Los Alzugranas.

Sedangkan Atletico semakin sulit untuk mengulang sukses pada musim 2013-14. Saat itu, mereka menjadi juara sekaligus menghentikan dominasi Madrid dan Barca di LaLiga.

Tatap Peluang Treble

Tak hanya gelar LaLiga, Barca juga masih memiliki peluang di kompetisi lain. Mereka bisa menyabet treble winners, jika juara di Copa del Rey dan Liga Champions.

Di Copa del Rey, Barca sudah mengantongi tiket final dan akan berhadapan dengan Valencia. Sedangkan di Liga Champions, raksasa Catalunya ini menghadapi Manchester United di perempatfinal.

Laga Barcelona vs Atletico Madrid

Jika treble, tentunya menjadi sejarah tersendiri untuk Barca. Mereka akan mencatat sebagai tim pertama yang tiga kali meraih treble, menyusul sukses di musim 2008-09 dan 2014-15.

"(Treble) lebih dari sekadar mimpi. Kami memang bekerja untuk itu," kata Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, seperti dilansir Soccerway.

Mengenai gelar LaLiga, Bartomeu meminta Barca agar tetap fokus. Dia berharap Barca tak terlena dengan keunggulan 11 poin.

"Kami harus terus berjuang karena masih ada 21 poin yang diperebutkan, 7 pertandingan. Atletico adalah tim hebat yang berjuang sampai akhir dan tak akan menyerah," ucapnya.

Pemanasan Jelang Lawan MU

Usai melawan Atletico, Barca tak bisa berleha-leha. Mereka sudah ditunggu tim kuat lainnya, Manchester United di leg 1 perempatfinal Liga Champions.

Barca akan menghadapi MU di Old Trafford, Kamis dini hari WIB, 11 April 2019. Pelatih Barca, Ernesto Valverde, menyebut kemenangan melawan Atletico sebagai pemanasan sebelum bertemu Setan Merah.

"Ini adalah kemenangan krusial. Tiga poin krusial. Tapi kami harus melanjutkan. Semua orang tahu pentingnya pertandingan ini dan kami sedikit lebih dekat (merebut gelar LaLiga). Tetapi masih ada 21 poin yang harus perjuangkan dan kami masih harus menjadi juara," ungkap Valverde seperti dikutip Marca.

"Untuk saat ini, kami memiliki modal kepercayaan diri menatap laga melawan Manchester United pada Rabu nanti, laga di mana kami memiliki banyak harapan," lanjutnya.

Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, sudah bersiap melawan Barca. Dia bahkan ikut menyaksikan duel Barca melawan Atletico di Camp Nou.

Solskjaer tak datang seorang diri. Manajer asal Norwegia ini ditemani staf pelatih, Michael Carrick dan Kieran McKenna hingga asistennya. 

Dilansir Express, Setan Merah sedang bersiap menghadapi perang dengan Blaugrana di babak perempatfinal Liga Champions. Dan kegiatan memata-matai ini disinyalir sebagai bentuk memperlajari kekuatan Barca.

MU memiliki keuntungan jelang duel ini. Mereka tak bertanding di pekan ini di saat Barca harus berjibaku melawan Atletico. Tentunya, secara stamina skuat MU lebih bugar. Ini menjadi tantangan tersendiri untuk Barca.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya