Piala Dunia U-20: Dominasi Argentina, Kejutan Ghana dan Ukraina

Ukraina juara Piala Dunia U-20 2019.
Sumber :
  • www.fifa.com/u20worldcup

VIVA – Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Itu menjadi edisi ke-23 turnamen dua tahunan yang diselenggarakan FIFA tersebut.

Menpora Dito Beri Kabar Baik, Arab Saudi Komitmen Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Menarik untuk berbicara mengenai peta kekuatan negara-negara di Piala Dunia U-20. Ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan level senior.

Dilansir situs resmi FIFA, Argentina menjadi tim paling sering menjadi juara. Albiceleste sudah mengoleksi 6 gelar, terpaut satu trofi dibandingkan Brasil.

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Hal itu tentunya berbeda jauh dibandingkan di level senior. Meskipun tak pernah kehabisan pemain berbakat, Argentina baru dua kali menjadi juara Piala Dunia. Gelar terakhir yang diraih pun sudah sangat lama, pada 1986.

Negara-negara yang belum pernah mencicipi gelar juara dunia di level senior, justru pernah menjadi juara Piala Dunia U-20. Salah satunya, Serbia yang sudah dua kali juara.

Indra Sjafri Ungkap Kabar Baik Usai Timnas Indonesia U-20 Hadapi China

Yang paling mengejutkan, ada Ghana dan Ukraina. Di level senior, dua negara ini hanya bertitel kuda hitam dan sering dipandang sebelah mata.

Tapi, di Piala Dunia U-20, Ghana sukses menjadi juara pada 2009. Hebatnya, mereka mengalahkan Brasil di final dengan skor 4-3 (0-0) lewat adu penalti.

Piala Dunia U-20 tahun 2019 ini juga sangat mengejutkan. Ukraina sukses menjadi juara di Polandia, usai menekuk Korea Selatan 3-1 di partai puncak.

Berkaca dari hal tersebut, peluang Indonesia untuk menciptakan kejutan di Piala Dunia U-20 tahun depan, bisa saja terjadi. Setidaknya, lolos dari penyisihan grup seperti yang ditargetkan PSSI. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya