Wijnaldum Cetak Hattrick, Belanda Cukur Estonia

Gelandang Timnas Belanda, Georgino Wijnaldum.
Sumber :
  • Instagram/@gwijnaldum

VIVA – Tim Nasional Belanda menghadapi Estonia dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Rabu 20 November 2019 dini hari WIB. Dalam laga tersebut, Belanda dengan mudah mempecundangi Estonia.

Pelatih Timnas Spanyol Buka Suara terkait Cedera Parah Gavi

Selepas kick off, Belanda langsung mengambil inisiatif penguasaan bola. Sedangkan tim tamu dipaksa untuk bertahan untuk meredam setiap tekanan yang dilancarkan oleh Belanda.

Tekanan deras yang dibangun Belanda akhirnya membuahkan hasil saat laga baru berjalan 6 menit. Adalah Georginio Wijnaldum yang sukses membobol gawang Estonia setelah sundulannya menyambut umpan Quincy Promes tak bisa dibendung oleh Sergei Lepmets.

Gavi Cedera Parah Sampai Menangis, Barcelona Bernasib Tragis

Keunggulan tersebut membuat Belanda semakin nyaman dalam menguasai bola. Sejumlah peluang sempat didapatkan oleh anak asuh Ronald Koeman ini, tapi kedisplinan pemain Estonia membuat peluang yang diperoleh Belanda belum berbuah gol.

Baru pada menit 18, Belanda berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini Nathan Ake yang sukses menceploskan bola ke gawang Estonia usai menerima umpan manis yang dikirimkan Memphis Depay.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa: Belgia Ngamuk, Spanyol dan Portugal Menang

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, Belanda terus menggempur lini pertahanan Estonia. Namun, hingga peluit panjang tanda turun minum, Belanda mampu mengamankan kedudukan 2-0 atas Estonia.

Selepas jeda, Belanda sedikit melakukan perubahan formasi dengan memasukkan beberapa pemain muda. Sedangkan Estonia berusaha mencari cara untuk keluar dari tekanan yang dilancarkan tuan rumah.

Kedigdayaan Belanda benar-benar membuat Estonia tak berkutik. Menit 66, Georgino Wijnaldum sukses mencetak gol ketiga bagi Belanda setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang Estonia.

Menit 78, Wijnaldum berhasil mencetak hattrick pada laga ini. Gol keempat Belanda lahir usai tendangan kaki kiri Wijnaldum tak bisa dibendung oleh kiper Estonia.

Tiga menit jelang waktu normal berakhir, Belanda belum puas dengan keunggulan 4-0. Adalah Myron Boadu yang sukses mencetak gol debut bagi Timnas Belanda setelah sepakan mendatarnya mampu mengecoh Sergei Lepmets.

Di sisa waktu yang ada, Belanda tetap menguasai permainan. Namun, hingga pertandingan berakhir, skor 5-0 untuk keunggulan Belanda menjadi hasil akhir di laga ini.

Atas hasil ini, Belanda dipastikan menjadi runner up Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan koleksi 19 poin. Sedangkan Estonia terbenam di juru kunci dengan mengumpulkan 1 poin.

Susunan pemain

Belanda: Jasper Cillessen (GK); Patrick van Aanholt, Nathan Ake, Matthijs de Ligt, Quincy Promes, Frenkie de Jong (Kevin Strootman 75'), Georginio Wijnaldum, Davy Propper, Memphis Depay (Myron Boadu 46'), Luuk de Jong (Wout Weghorst 63'), Calvin Stengs.

Estonia: Sergei Lepmets (GK); Ken Kallaste, Karol Mets, Joonas Tamm, Taijo Teniste (Nikita Baranov 61'), Ilja Antonov, Mihkel Ainsalu, Henrik Ojamaa (Mattias Kait 83'), Konstantin Vassiljev, Sergei Zenjov (Frank Liivak 76'), Erik Sorga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya