Terungkap, 2 Suporter yang Tewas Ditembak pada Laga Belgia Vs Swedia

Insiden penembakan di laga Belgia vs Swedia
Sumber :
  • AFP

VIVA – Kualifikasi Euro 2024 Belgia melawan Swedia dihentikan pada babak pertama setelah dua orang ditembak mati di Brussels menyusul penembakan pada Senin malam oleh pihak berwenang.

Harley Davidson Kecelakaan di Probolinggo, Pasutri Tewas

Dua orang ini ditembak karena dianggap sebagai teroris, dan Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo kemudian mengonfirmasi bahwa para korban adalah orang Swedia.

"Karena insiden di Brussel tadi malam, pertandingan ditangguhkan. Pikiran kami tertuju pada semua yang terkena dampak," sebuah postingan dari tim nasional Belgia terbaca di X, sebelumnya Twitter.

Polisi Bongkar Home Industri Narkoba Sintetis di Perumahan Mewah Sentul

Laporan menunjukkan bahwa pemain dari kedua tim memutuskan selama jeda pertandingan bahwa pertandingan tidak boleh dilanjutkan. 

Skor saat itu 1-1. Viktor Gyokeres memberi Swedia keunggulan pada menit ke-15, tetapi Romelu Lukaku menyamakan kedudukan Belgia tepat setelah setengah jam.

Teka-teki Tewasnya Brigadir RAT, Polisi Bakal Bongkar Isi SMS Korban dengan Istri

Asosiasi Sepak Bola Swedia telah mengumumkan bahwa para pendukung harus tetap berada di stadion atas saran polisi “demi alasan keamanan” dan bekerja sama dengan pihak berwenang di lokasi.

Fans ditahan di dalam stadion selama lebih dari dua jam sebelum sebuah pesan di layar stadion meminta mereka untuk pergi dengan “tenang”.

"Tetap tenang dan saling menjaga. Duka kami tertuju kepada seluruh keluarga korban yang terkena dampak di Brussel," demikian bunyi unggahan FA Swedia di media sosial.

Manajer Swedia Janne Andersson membenarkan bahwa para pemainnya meminta pertandingan dihentikan ketika mereka mendengar tentang penembakan di babak kedua.

"Saya merasa itu benar-benar tidak nyata. Dunia seperti apa yang kita jalani saat ini? Saya seharusnya mengobrol baik dengan para pemain tetapi saya mendengarnya dan hampir menangis," ucapnya.

“Ketika tim mulai berbicara, kami sepakat 100 persen bahwa kami tidak ingin bermain lagi demi menghormati para korban dan keluarga mereka," ujarnya, menambahkan.

Kapten Swedia Victor Lindelof, bek Manchester United, mengatakan keamanan membuat tim “nyaman”.

“Mereka menjelaskan bahwa ini adalah tempat paling aman di Brussel. Belgia sudah lolos dan kami tidak memiliki peluang untuk lolos ke Kejuaraan Eropa, jadi saya tidak melihat alasan untuk bermain.”

Badan pengatur UEFA mengonfirmasi pertandingan Grup F telah dibatalkan setelah berkonsultasi dengan kedua tim dan polisi setempat.

“Menyusul dugaan serangan teroris di Brussels malam ini, telah diputuskan, setelah berkonsultasi dengan kedua tim dan otoritas kepolisian setempat, bahwa pertandingan kualifikasi UEFA Euro 2024 antara Belgia dan Swedia dibatalkan,” demikian bunyi pernyataan UEFA.

"Komunikasi lebih lanjut akan dilakukan pada waktunya."

Setelah penembakan di Boulevard d'Ypres, Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo membenarkan bahwa para korban adalah orang Swedia.

“Saya turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga atas serangan pengecut di Brussels ini,” tulisnya di media sosial.

“Saya baru saja menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada PM Swedia menyusul serangan mengerikan terhadap warga Swedia di Brussels malam ini.

“Pikiran kami tertuju pada keluarga dan teman-teman yang kehilangan orang yang mereka cintai. Sebagai mitra dekat, perang melawan terorisme adalah upaya bersama.”

Menyusul kejadian tersebut, Pusat Krisis Nasional Belgia mengatakan peringatan teror dinaikkan ke tingkat tertinggi di ibu kota – ancaman yang sangat serius dan akan segera terjadi – dan ditingkatkan menjadi serius di seluruh negeri.

BNCC mengonfirmasi bahwa pengaturan untuk mengawal pendukung dengan aman dari Stadion King Baudouin sedang “dikaji” dan mendesak para penggemar untuk mengikuti instruksi dari layanan darurat.

Sesaat sebelum tengah malam waktu setempat, BNCC mengumumkan stadion tersebut kini sedang “dievakuasi” dan menekankan semua orang harus “segera pulang”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya