Bidik Trofi Piala Dunia Klub Pertama, Liverpool Diadang Sejarah Buruk

Pemain belakang Liverpool, Virgil van Dijk (4), merayakan gol
Sumber :

VIVA – Memasuki pengujung tahun 2019, Liverpool berpeluang menambah trofi mereka. The Reds akan menghadapi klub Brasil, Flamengo di final Piala Dunia Klub di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Minggu dini hari WIB, 22 Desember 2019.

Curhat Arteta Usai Arsenal Diamuk Liverpool

Trofi tersebut sangat dinantikan fans Liverpool. Apalagi, dalam sejarah 127 tahun klub, The Reds sama sekali belum pernah mengecap gelar Piala Dunia Klub, termasuk saat bernama Piala Intercontinental.

Liverpool sebenarnya sudah mengoleksi 6 gelar Liga Champions. Namun, selalu ada faktor teknis maupun nonteknis yang menghalangi The Reds menjadi yang terbaik di dunia.

Peluang Kylian Mbappe ke Liverpool

Dilansir berbagai sumber, Liverpool sebenarnya berhak tampil di Piala Intercontinental 1977. Namun, saat itu, The Reds memilih mundur dan digantikan Borussia Moenchengladbach.

Kondisi mirip terjadi setahun berselang. Bedanya, calon lawan Liverpool saat itu, Boca Juniors juga memilih mundur. Piala Intercontinental pun urung diadakan.

Liverpool Harap-harap Cemas Usai Hajar Newcastle United

Liverpool baru melakoni debut di Piala Intercontinental pada 1981. Lawannya adalah Flamengo, tim yang bakal menjadi lawan The Reds di final Piala Dunia Klub 2019 ini. Liverpool takluk 0-3 di National Stadium, Tokyo.

Nasib sial kembali dialami Liverpool di Piala Intercontinental 1984. Kali ini, klub asal Argentina, Independiente yang memupus mimpi The Reds. Mereka kalah 0-1 di National Stadium, Tokyo.

Peruntungan Liverpool belum berubah saat ajang ini berganti nama menjadi Piala Dunia Klub. Tampil di edisi 2005, The Reds sebenarnya melaju sampai ke final. Namun, mereka harus puas menjadi runner up, usai kalah 0-1 dari Sao Paolo di International Stadium, Yokohama.

Di 2019 ini, Liverpool kembali melaju ke final Piala Dunia Klub. Mampukah mereka juara untuk kali pertama?
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya