4 Debutan di Liga Champions, Bikin Kejutan atau Numpang Lewat?

Pemain Midtjylland.
Sumber :
  • instagram.com/fcmidtjylland/

VIVA – Liga Champions 2020/21 segera memasuki babak penyisihan grup. Selain menerka siapa saja tim yang berhak lolos ke babak 16 besar, kiprah para debutan juga sangat layak dinanti.

Waspada 4 Pemain Uzbekistan U-23, Ada yang Lawan Arsenal di Liga Champions

Musim 2019/20 lalu, Atalanta tercatat sebagai satu-satunya debutan. Hebatnya, La Dea sukses melaju ke perempatfinal sebelum takluk 1-2 dari Paris Saint-Germain.

Kali ini, ada empat tim yang tercatat sebagai debutan. Mereka adalah Krasnodar, Midtjylland, Istanbul Basaksehir, dan Rennes.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

(Baca juga: Pavel Nedved Tak Sabar Liat Aksi Ronaldo dan Messi di Liga Champions)

Berikut profil singkat debutan dan peluang mereka di Liga Champions musim ini:

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

1. Midtjylland (Denmark)


Klub yang namanya susah disebut ini tercatat sebagai juara Liga Denmark 2019/20. Mereka menembus babak utama Liga Champions usai menyingkirkan wakil Republik Ceko, Slavia Praha dengan agregat 4-1 di babak playoff.

Peluang Midtjylland lolos ke babak knockout relatif berat. Belum-belum, mereka sudah harus bersua Liverpool, Ajax Amsterdam dan Atalanta. Tidak kebobolan banyak gol atau terhindar dari juru kunci sudah jadi prestasi bagus untuk Midtjylland.

2. Krasnodar (Rusia)


Krasnodar melaju ke Liga Champions usai menekuk klub Yunani, PAOK dengan agregat 4-2. Meski ini debut mereka di Liga Champions, Krasnodar sudah enam musim beruntun tampil di Liga Europa.

Peluang Krasnodar lolos ke 16 besar cukup terbuka. Mereka berada di grup yang seimbang bersama Sevilla, Chelsea dan sesama tim debutan Rennes. Berharap Sevilla atau Chelsea terpeleset, Krasnodar bisa tampil mengejutkan.

3. Rennes (Prancis)

Pemain Rennes rayakan gol.
Rennes lolos otomatis ke Liga Champions sebagai peringkat ketiga Ligue 1 musim 2019/20. Peluang Rennes untuk melaju ke babak selanjutnya relatif terbuka.

Mereka bisa menciptakan kejutan dalam grup yang diisi Sevilla, Chelsea dan sesama tim debutan Krasnodar.  Performa Rennes musim ini tergolong mengejutkan. Mereka memimpin klasemen sementara Ligue 1 dengan 13 poin dari 5 laga, unggul satu angka dari juara bertahan PSG.

4. Istanbul Basaksehir (Turki)

Istanbul Basaksehir juara Liga Turki 2019/20.
Istanbul Basaksehir lolos otomatis ke Liga Champions usai menjuarai Liga Super Turki 2019/20. Mereka menjadi tim keenam dalam sejarah yang menjuarai Liga Turki, sekaligus menjadi tim keempat dari Istanbul yang juara.

Sayang, peluang Basaksehir menciptakan kejutan di Liga Champions musim ini nyaris mustahil. Mereka berada di grup neraka bersama Paris Saint-Germain, Manchester United dan RB Leipzig.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya