Kekuatan Baru Timnas Spanyol yang Tak 'cuma' Dihuni Madrid dan Barca

Bek Timnas Spanyol dan Real Madrid, Sergio Ramos
Sumber :
  • Marca

VIVA – Timnas Spanyol datang menghadapi Timnas Jerman dengan kekuatan baru. Pasalnya, kini La Furia Roja tak cuma dihuni oleh pemain Real Madrid dan Barcelona.

Carlo Ancelotti Masuk Daftar Pelatih Terhebat dalam Sejarah Real Madrid

Sedikit mundur ke 2010, kala itu Timnas Spanyol pertama kalinya jadi juara Piala Dunia. Keberhasilan tersebut tak lepas dari kombinasi pemain Madrid dan Barca yang dipasang sebagai starter.

Nama-nama seperti Iker Casillas, Sergio Ramos, Gerard Pique, Carles Puyol, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez jadi tumpuan La Furia Roja merajai dunia.

Kaget, PSG Tak Gelar Upacara Perpisahan Kylian Mbappe

Bahkan, skuad yang hampir sama turut membawa Spanyol meraih Piala Eropa kedua kalinya pada 2012. Namun, kini para pemain tersebut sudah mulai menua dan beberapa tak lagi dipanggil membela Timnas Spanyol.

Sejumlah perubahan dilakukan oleh pelatih Luis Enrique. Dia berani mencari pemain sesuai kebutuhan dan bukan berdasarkan nama besar seperti dikutip Marca.

Mbappe Acuhkan Liverpool, MU hingga Arsenal demi Real Madrid

Hanya Ramos dan Sergio Busquets yang berstatus pemain senior. Selebihnya, Enrique membawa pemain muda.

Tak cuma itu, Enrique juga menghilangkan dominasi Madrid dan Barca dalam Timnas Spanyol. Kini, pemain La Furia Roja lebih variatif dengan memanggil pemain dari klub LaLiga lainnya.

Atletico Madrid, Real Sociedad, Athletic Bilbao, dan Villarreal menjadi bagian dari skuad asuhan Luis Enrique saat ini. Pemain seperti Koke, Mikel Oyarzabal, Mikel Merino, Gerard Moreno, dan Adama Traore jadi andalan baru La Furia Roja.

Hal itu berpengaruh pula pada rata-rata usia pemain Spanyol. Pada Piala Dunia 2018, rata-rata usia penggawa La Furia Roja adalah 28,04 tahun. Kini, sudah jauh lebih muda menjadi 25,48 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya