Van Basten: Offside Dihapus, Sepakbola Bisa Lebih Spektakuler

Cuplikan posisi offside pemain Shrewsbury Town saat hadapi Liverpool di Piala FA
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Legenda Belanda, Marco van Basten ingin sepakbola menghapus aturan offside sepenuhnya untuk membuat permainan 'lebih spektakuler' bagi para penggemar. Menurutnya, offside bukan aturan yang bagus dalam permainan sepakbola.

Jebakan Offside Persib Bandung Viral, Bojan Hodak Beri Penjelasan

Van Basten pertama kali mengusulkan perubahan atursan itu pada 2017 silam saat dirinya menjabat sebagai Direktur Teknik FIFA untuk mencoba dan mempertahankan sepakbola sebagai olahraga paling populer di dunia.

Ia yakin pertandingan akan menjadi tontonan yang lebih besar jika aturan offside dicabut total. Mantan pemain berusia 56 tahun itu telah berbicara dengan Sky Sports dan menambahkan bahwa aturan offside adalah 'bukan aturan yang baik'.

Widodo Cahyono Putro Soroti Penggunaan VAR di Laga Arema FC Vs Persija Jakarta

“Saya masih penasaran dengan aturan offside karena saya yakin itu bukan aturan yang baik. Setidaknya saya ingin mengujinya untuk menunjukkan bahwa sepakbola juga mungkin terjadi tanpa aturan offside," kata Van Basten.

Photo :
  • Twitter/@MarcoVanBasten
Setelah Timnas Indonesia, Kini Giliran Timnas Oman Dirugikan VAR di Piala Asia

"Saya yakin sepakbola akan lebih baik tanpa itu. Sepakbola permainan yang fantastis tetapi kita harus berbuat lebih banyak untuk membuatnya lebih baik, lebih spektakuler, lebih menarik, lebih mengasyikkan. Kita harus mengusahakannya."

Offside menghentikan penyerang yang menempati ruang di belakang bek terakhir dan membuatnya lebih sulit. Meski terjadi perubahan drastis, mantan bintang AC Milan van Basten yakin semua tim akan beradaptasi secara taktik.

Dia melanjutkan: "Tim akan menemukan cara bermain tanpa offside. Jika Anda menghapus offside maka pertahanan akan turun lebih dalam. Tim tidak bisa berada di belakang lawan karena mereka akan takut lawan masuk ke belakang."

"Tapi jika Anda mundur terlalu jauh maka kotak 18 yard akan menjadi jarak dekat dan penjaga gawang tidak akan bisa melihat apa pun, jadi tim akan tahu itu bukan solusinya."

“Di sisi lain, ketika Anda bertahan, jika tidak ada offside, Anda selalu dapat memiliki satu atau dua pemain jauh sehingga ketika Anda mendapatkan bola Anda dapat meletakkannya di depan Anda di babak lainnya," jelasnya.

Photo :
  • Sky Sports

"Jika tidak ada aturan offside, kita memiliki masalah yang jauh lebih sedikit dan tim masih akan menemukan solusi lain untuk memiliki permainan yang bagus yang akan sama spektakulernya seperti sekarang," katanya.

"Akan menyenangkan untuk mengujinya. Saya yakin sepak bola akan menemukan cara untuk menjadi lebih menarik."

Kekurangan aturan offside saat ini telah diperbesar dalam beberapa tahun terakhir berkat pengenalan VAR. Fokus yang intens pada aturan offside telah membuat para fans berdebat jika aturan tersebut membutuhkan perubahan di masa depan.

Sebelumnya, Arsene Wenger juga mengusulkan aturan offside baru yang dapat mengubah permainan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya