Profil Timnas Belanda di EURO 2020, Mengukir Asa Raih Gelar ke-2

Timnas Belanda saat menghadapi Georgia
Sumber :
  • Twitter/@OnsOranje

VIVA – Sebagai salah satu tim besar Eropa, nasib Timnas Belanda terbilang sial bila dibandingkan dengan negara-negara lain. De Oranje kerap gagal juara atau bahkan mentas di turnamen mayor sekelas Piala Dunia dan EURO.

Daftar Pemimpin Negara yang Menjadi Buronan LCC, Terbaru dan Terlengkap!

Nasib miris tersebut sudah dialami pada dua turnamen beruntun, yakni EURO 2016 dan Piala Dunia 2018. Timnas Belanda gagal lolos ke putaran final di dua kejuaraan tersebut.

Kesialan masih berlanjut pada 2019. Berhasil melaju ke final UEFA Nation League, De Oranje kembali hanya menjadi runner up setelah ditumbangkan Timnas Portugal.

WN Ukraina-Rusia 'Sulap' Vila di Bali Jadi Lab Narkoba dengan Bunker Bawah Tanah

Satu-satunya kesuksesan yang dirasakan Timnas Belanda terjadi pada EURO 1988 di mana mereka keluar sebagai juara setelah menumbangkan Uni Soviet dengan skor 2-0. Setelahnya, Belanda seakan kesulitan mengulangi prestasi gemilang tersebut.

Namun, ceritanya bakal berbeda pada edisi kali ini di EURO 2020. Di bawah nakhoda Frank de Boer, De Oranje mengukir asa meraih gelar kedua di pentas EURO.

Jelang Lawan Man Utd, Mikel Arteta Soroti Tugas Sulit Erik Ten Hag

Mengandalkan perpaduan pemain senior dan junior, De Boer meracik Timnas Belanda yang cukup sangar. Hal itu bisa terlihat dari rekor yang mereka catatkan selama babak kualifikasi.

Dalam delapan laga di Grup C, Georginio Wijnaldum cs menorehkan enam kemenangan, satu kali imbang, dan satu kekalahan dari Jerman. Mereka lolos dengan status runner up Grup C di bawah Jerman.

Catatan golnya pun impresif. 24 gol berbanding tujuh kebobolan.

Dan bila ditilik dari persiapan menuju EURO 2020, skuad De Oranje terbilang menjanjikan. Mereka hanya kalah sekali dari 10 partai terakhirnya.

Kini, mereka wajib membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu calon kuat juara. Tergabung di Grup C bersama Austria, Makedonia Utara, dan Ukraina, Belanda patut meraih kemenangan agar semakin memudahkan langkahnya menuju fase gugur.

Lawan pertama yang akan mereka hadapi adalah Timnas Ukraina. Tim yang cukup tangguh mengingat para pemainnya tersebar di sejumlah liga top Eropa.

Namun, Ukraina bukan tak mungkin ditaklukkan. Terlebih, materi pemain yang dibawa Belanda sangat mumpuni di segala lini.

Minus Virgil van Dijk di lini pertahanan tak menjadi alasan kekuatan Belanda berkurang. Sebab, mereka masih memiliki segudang pemain yang kualitasnya hampir setara dengan pemain Liverpool tersebut.

Lini tengah akan dihuni duet Frenkie de Jong dan Wijnaldum. Belum lagi ada Martin de Roon dan Davy Klaassen.

Di sektor serang, Memphis Depay dan Wout Weghorst bakal jadi andalan. De Oranje pun bersiap menyambut gelar keduanya bersama materi pemain yang merata di segala lini. Total, ada 26 pemain yang diboyong Frank de Boer ke EURO 2020.

Berikut daftar lengkap pemain Belanda di EURO 2020:

Kiper: Maarten Stekelenburg, Tim Krul, Marco Bizot.

Bek: Joel Veltman, Matthijs de Ligt, Nathan Ake, Owen Wijndal, Stefan de Vrij, Patrick van Aanholt, Daley Blind, Denzel Dumfries.

Gelandang: Georginio Wijnaldum, Quincy Promes, Davy Klaassen, Marten de Roon, Ryan Gravenberch, Donny van de Beek, Frenkie de Jong, Teun Koopmeiners, Jurrien Timber.

Penyerang: Steven Berghuis, Luuk de Jong, Memphis Depay, Donyell Malen, Wout Weghorst, Cody Gakpo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya