Statistik Mengerikan Fase Grup EURO 2020, Belanda dan Ronaldo Terdepan

Timnas Portugal merayakan gol Cristiano Ronaldo (tengah)
Sumber :
  • Twitter/@EURO2020

VIVA – Tuntas sudah gelaran fase grup EURO 2020. 16 tim telah memastikan langkahnya ke babak perdelapan final.

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

Dari 36 laga yang telah dijalani, tentunya memunculkan sejumlah statistik menarik. Mulai dari jumlah gol hingga top skor sementara turnamen antarnegara Eropa tersebut.

Sebanyak 94 gol tercipta selama fase grup. Bila ditilik lebih dalam, setidaknya rata-rata tercipta 2,62 gol per pertandingan dan muncul satu gol setiap 34 menit.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Selama babak penyisihan grup, gol paling banyak tercipta antara menit 46-60. Total, ada 22 gol yang hadir di antara menit tersebut.

Timnas Belanda jadi tim tersubur selama fase grup dengan torehan delapan gol. Disusul oleh Italia, Belgia, dan Portugal.

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

Sedangkan, tim dengan pertahanan paling kinclong adalah Italia dan Inggris. Keduanya sama sekali belum merasakan kebobolan.

Spanyol jadi tim dengan persentase penguasaan bola terbanyak mencapai 68,7 persen. Sedangkan, Denmark jadi tim paling rajin melepaskan tembakan dengan total 61 percobaan.

Di sektor individu, megabintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, tampil paling bersinar. Sejauh ini, dia telah mengoleksi lima gol. Disusul oleh Patrik Schick (Republik Ceko), Emil Forsberg (Swedia), Romelu Lukaku (Belgia), dan Georginio Wijnaldum (Belanda). Seluruhnya sama-sama mengoleksi tiga gol.

Sebenarnya, masih ada Robert Lewandowski. Hanya saja, Polandia sudah angkat koper lebih dulu sehingga koleksi golnya sudah tak mungkin bertambah.

Di sektor pemberi assists, gelandang Denmark, Pierre-Emile Hojbjerg jadi yang terdepan dengan tiga umpan sukses. Catatan apiknya sama dengan pemain Swiss, Steven Zuber.

Nama Ronaldo kembali muncul dalam urusan tembakan mengarah ke gawang. Total, pemain Juventus itu menorehkan enam tembakan ke gawang. Jumlah yang sama juga dibukukan Schick dan Alvaro Morata.

Satu lagi statistik menarik soal pemain tercepat di lapangan. Sepanjang fase grup, gelandang Italia, Leonardo Spinazzola, jadi pemain paling cepat dengan 33,8 km/jam. Kecepatannya sama dengan pemain Hungaria, Loic Nego.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya