Gol Menit Akhir, Timnas Jepang Dibuat Gigit Jari oleh Oman

Pertandingan Timnas Jepang vs Oman
Sumber :
  • the-afc.com

VIVA – 

Kata Pelatih Uzbekistan Usai Dipecundangi Jepang di Final Piala Asia U-23

Timnas Jepang menjamu Oman dalam matchday pertama Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Suita Football Stadium, Kamis 2 September 2021. Pertandingan berakhir dengan skor 0-1 untuk keunggulan tim tamu.

Bermain di markas sendiri, Jepang coba bermain dengan lebih banyak penguasaan bola. Operan-operan pendek ketika melancarkan serangan jadi pilihan Tim Samurai Biru.

Jepang Juara Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Sang Penghancur Timnas Indonesia

Namun, Timnas Oman merespons tekanan tersebut dengan pertahanan yang solid. Ketika berhasil mencuri bola, serangan balik cepat jadi pilihan mereka.

Di babak pertama, tidak ada gol tercipta. Jepang yang unggul penguasaan bola mencapai 63 persen justru kalah banyak melakukan percobaan ke gawang lawan dari Oman yang mencatatkan enam kali.

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Permainan di babak kedua tidak banyak berubah. Jepang masih coba dominan dalam penguasaan bola, sedangkan Oman mengandalkan serangan balik cepat.

Tapi usai turun minum ini ada perubahan dari Jepang dalam mengkreasikan serangan. Peluang yang mereka dapatkan jadi lebih banyak, tapi memang sayangnya tak efektif untuk menjadi gol.

Jepang coba lebih maksimal lagi dalam memberi tekanan di sisa 15 menit waktu pertandingan. Mereka tak ingin kesempatan bermain di kandang sendiri gagal dimaksimalkan.

Akan tetapi upaya anak asuh Hajime Moriyasu tak bisa menembus kokohnya tembok pertahanan Oman. Justru gawang mereka yang dibuat bobol oleh tim tamu.

Pada menit 88 sebuah umpan silang dilepaskan. Di dalam kotak penalti sudah ada Issam Al Sabhi yang meneruskan dengan tendangan sehingga bola bersarang ke dalam gawang tuan rumah.

Gol tersebut menjadi satu-satunya dalam pertandingan ini. Jepang dipaksa gigit jari di hadapan pendukung sendiri.

Susunan Pemain

Jepang: Shuichi Gonda, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo, Hiroki Sakai, Naomichi Ueda, Wataru Endo, Gaku Shibasaki, Genki Haraguchi (Kyogo Furuhashi 46'), Junya Ito (Ritsu Doan 63'), Daichi Kamada (Takefusa Kubo 70'), Yuya Osako.

Oman: Faiyz Al-Rushaidi; Ali Al-Busaidi, Juma Al Habsi, Amjad Al Harthi, Ahmed Al-Khamisi, Harib Al-Saadi, Salah AL-Yahyaei, Abdullah Fawaz, Zahir Sulaiman (Issam Al Sabhi 84'), Khalid Al-Hajri, Al Mandhar Al Alawi (Arshad Al-Alawi 71').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya