Masih Ingat 34 Pemain Pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Ada M Tahir hingga Andritany

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Thailand
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Shin Tae-yong kini memasuki masa akhir kontraknya bersama Timnas Indonesia. Kontrak pelatih asal Korea Selatan itu bakal berakhir pada Juni 2024, setelah memperoleh perpanjangan kontrak enam bulan dari PSSI pada tahun lalu.

PSSI dan ASBWI Apresiasi Milklife Soccer Challenge, Ajang Temukan Talenta Pesepakbola Putri

Kini, syarat utama dari PSSI untuk perpanjangan masa baktinya ada di depan mata. Shin Tae-yong dituntut untuk mebawa Timnas Indonesia U-23 melaju hingga perempatfinal Piala Asia U-23 yang berlangsung di Qatar, 15 April hingga 3 Mei 2024.

Shin Tae-yong diboyong oleh PSSI saat kepemimpinan Mochamad Iriawan pada akhir Desember 2019. Ketika itu namanya menjadi top usai membawa Korea Selatan tampil impresif di Piala Dunia 2018.

Irak Cuma Lakukan Persiapan Singkat, Timnas Indonesia Diremehkan?

Perlahan tapi pasti, Shin Tae-yong kini mulai mendapatkan kepercayaan pecinta sepakbola Indonesia. Dia dianggap telah merubah teknik bermain, peningkatan stamina, dan kepercayaan diri pemain.

Meski belum memberikan gelar juara, skuad Garuda dibawa menjajaki tangga yang lebih baik di rangking FIFA. Saat ini, Indonesia berada di peringkat ke-134.

Ini Harga Tiket Timnas Indonesia Vs Tanzania

Melansir Transfermrkt, Shin Tae-yong hingga saat ini sudah menjalani 45 pertandingan bersama Timnas Indonesia di level senior

Adapun laga resmi pertama yang dia lakoni untuk Timnas Indonesia adalah hasil imbang 2-2 melawan Thailand di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020 pada 3 Juni 2021.

Lantas, masih ingatkah pecinta sepakbola nasional, pemusatan latihan pertama Timnas Indonesia yang digelar Shin Tae-yong? Melansir laman resmi PSSI, TC pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia yakni pada 13 hingga 23 Februari 2020.

TC ini sebagai persiapan menghadapi laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand (26/3) dan Uni Emirat Arab (31/3) mendatang. Namun, ketiga duel ini ditunda akibat COVID-19 yang melanda, dan duel baru bisa digelar setahun kemudian.

"TC ini juga sebagai momentum perdana pelatih asal Korea Selatan tersebut untuk menangani langsung Timnas Indonesia Senior," tulis laman resmi PSSI.

Dalam TC itu, SHin Tae-yong memanggil nama-nama pemain muda yang rata-rata belum pernah dipanggil mengikuti TC Timnas Indonesia Senior. 

Nama-nama pemain muda yang dipanggil diantaranya, Andy Setyo, Nadeo Argawinata, Adi Satrio M Riyandi, Alfreanda Dewangga serta Pratama Arhan, Irfan Jauhari, Rizky Eka, Firza Andika, Asnawi, Rachmat Irianto, M Rafli,  dan Sani Rizky.

Selain itu, nama-nama pemain senior langganan Timnas Indonesia sebelum kepelatihan Shin Tae-yong juga turut dipanggil seperti Andritany, Hansamu Yama, Fachruddin, Hendro Siswanto, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly dan Irfan Bachdim.

Kemudian juga ada nama-nama Yanto Basna, Ilija Spasojevic, Lerby Eliandri, hingga Muhammad Tahir yang baru-baru ini jadi sorotan netizen lantaran komentarnya kepada pemain-pemain naturalisasi.

Sebelumnya, dia menyebut Timnas Indonesia tak perlu terlalu banyak naturalisasi. Dia bahkan menilai kualitas penggawa lokal 11-12 dari pemain keturunan.

"Sekarang terlalu banyak naturalisasi, sih. Bukan enggak sehat, cuma kasihan kita mengadakan kompetisi di dalam negeri gunanya untuk apa?," kata Tahir di kanal YouTube Bicara Bola.

"Kita cuma kalah karena mereka main di luar negeri, kita di dalam negeri. Kalah itu saja, kalau kualitas kita 11-12 sama mereka. Tidak kalah jauh,".

"Coba saja kalau mau PSSI bikin uji coba antara pemain lokal dengan pemain naturalisasi, saya yakin bisa menang demi lambang Garuda di dada" sambungnya.


Berikut Daftar 34 Pemain TC Timnas Indonesia Pertama bersama Shin Tae-yong

GK
Andritany Ardhiyasa, Persija
Nadeo Arga Winata, Bali United
M. Riyandi, Barito Putera
Adi Satrio, PSMS


DF
Yanto Basna, PT Prachuap FC
Ricky Fajrin, Bali United
Andy Setyo, Tira Persikabo
Fachruddin, Madura United
Alfreanda Dewangga, PSIS
Hansamu Yama, Persebaya
Bagas Adi Nugroho, Arema FC
Asnawi Mangkualam, PSM
Putu Gede Juniantara, Bhayangkara FC
Gavin Kwan, Bali United
Firza Andika, PSM

MF
Rachmat Irianto, Persebaya
TM Ichsan, Bhayangkara FC
Bayu Pradana, Barito Putera
M. Tahir, Persipura
Septian David, PSIS
Sani Rizky, Bhayangkara FC
Rizky Pora, Barito Putera
Hendro Siswanto, Arema FC
Stefano Lilipaly, Bali United
Pratama Arhan, PSIS
Irfan Bachdim, Bali United
Febri Hariyadi, Persib
Rizky Eka, PSM
Saddil Ramdani, Bhayangkara FC 
Osvaldo Haay, Persija 

ST
M. Rafli, Arema FC
Ilija Spasojevic, Bali United
Lerby Eliandri, Bali United
Irfan Jauhari, Bali United

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya