Shin Tae-yong Blak-blakan Akui Indonesia U-23 Kesulitan Tatap Piala Asia U-23

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Indonesia U-23 berada di Grup A Piala Asia U-23 2024 bersama Qatar, Australia, dan Jordania. Pelatih Shin Tae-yong mengatakan, ketiga lawan tersebut merupakan tim kuat.

Indonesia Vs Irak Berebut Tempat Ketiga Piala Asia U-23, Jepang ke Final

Tuan rumah Qatar dan Jordania memiliki kekuatan sepakbola yang baik. Shin Tae-yong merujuk kepada tim senior mereka yang pada Piala Asia 2024 berhasil sampai ke final.

"Di Grup A, Qatar, Australia, dan Jordania adalah tim yang kuat. Terutama Qatar dan Jordania pada Piala Asia terakhir di Januari, mereka adalah juaranya," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers di Khalifa Stadium, Minggu 14 April 2024.

5 Fakta Menarik Usai Indonesia U-23 Dikalahkan Uzbekistan U-23

Bisa dibilang, dari empat tim yang ada di Grup A Piala Asia U-23 2024, Indonesia U-23 merupakan non-unggulan. Karena sepakbola Australia sendiri sudah lama berkembang di level senior.

Indonesia U-23 latihan di Dubai

Photo :
  • PSSI
Anindya Bakrie Optimistis Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024 Paris

Saat coba untuk bisa membawa Indonesia U-23 tampil mengejutkan, juru taktik asal Korea Selatan harus melewati hambatan. Karena Piala Asia U-23 2024 tak masuk kalender FIFA, dia tak leluasa dalam memilih pemain.

Elkan Baggott, Nathan Tjoe-A-On, dan Justin Hubner adalah pemain yang awalnya ingin dipanggil ke skuad Garuda Muda di Piala Asia U-23 tapi tak dilepas oleh klubnya. Inilah yang kemudian diakui Shin Tae-yong jadi hambatannya.

Meski begitu, dia tak ingin menyerah. Shin Tae-yong akan berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan timnya agar bisa menampilkan yang terbaik di Piala Asia U-23 2024.

"Seluruh tim benar-benar kuat dan Anda tahu, Piala Asia U-23 tidak masuk agenda FIFA, jadi saya tidak bisa bilang kami melakukan persiapan yang sempurna," tutur Shin Tae-yong.

"Tapi bagaimana pun, kami tetap memiliki waktu untuk memperbaiki tim dan melakukan improvisasi, dan saya berharap bisa menampilkan yang terbaik di kompetisi ini," imbuhnya.

Shin Tae-yong datang ke Piala Asia U-23 2024 dengan target bisa lolos ke babak delapan besar dari PSSI. Bahkan PSSI menyebutkan ini bagian dari satu syarat yang harus dipenuhi guna perpanjangan kontrak.

Tugas berat akan diemban oleh Shin Tae-yong. Ada di grup neraka dan kekuatan timnya tidak bisa maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya