Daftar Pemenang Peraih Penghargaan FIFA 2021

Penyerang Bayern Munich, Robert Lewandowski
Penyerang Bayern Munich, Robert Lewandowski
Sumber :
  • twitter.com/FCBayernEN

VIVA – Mesin gol Bayern Munich, Robert Lewandowski, berhasil mempertahankan gelar Pemain Terbaik FIFA. Di sisi lain, Cristiano Ronaldo mendapatkan penghargaan spesial dari FIFA atas kesuksesannya di kancah sepakbola internasional.

Acara Penghargaan FIFA 2021 digelar di Zurich, Swiss, pada Selasa 18 Januari 2021, dini hari WIB.

Lewandowski didapuk sebagai Pemain Terbaik FIFA 2021 setelah mengalahkan Lionel Messi (Paris Saint-Germain) dan Mohamed Salah (Liverpool).

Dengan demikian, Lewandowksi menyamai pencapaian legenda Timnas Brasil, Ronaldinho dan kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, yang juga mengoleksi dua gelar Pemain Terbaik FIFA.

Sepanjang 2021, Lewandowski berhasil mencetak 69 gol di semua kompetisi dengan 43 di antaranya diciptakan untuk Bayern Munich di Bundesliga. Gelar ini sekaligus menjadi pelipur lara bagi striker internasional Polandia tersebut setelah gagal meraih Ballon d'Or pada tahun lalu.

Adapun manajer Chelsea, Thomas Tuchel terpilih sebagai Pelatih Terbaik FIFA 2021. Dia mengalahkan kandidat lainnya, Pep Guardiola (Manchester City) dan Roberto Mancini (Timnas Italia).

Pencapaian Tuchel pada tahun 2021 adalah membawa Chelsea menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia Klub FIFA.