Kontroversi Diving Memalukan Sadio Mane di Final Piala Afrika

Sadio Mane melakukan diving di final Piala Afrika 2021
Sumber :
  • Daily Star

VIVA – Kontoversi terjadi dalam pertandingan final Piala Afrika 2021. Bermain di Stade d'Olembe, Kamerun, Senin dini hari WIB 7 Februari 2022, pada akhirnya Timnas Senegal keluar sebagai juara.

Timnas Indonesia U-23 dan Guinea Ternyata Punya Kemiripan, Apa Itu?

Mereka mengalakan Timnas Mesir lewat drama adu penalti. Tapi bukan cuma itu drama yang terjadi pada pertandingan ini. Ada juga terkait Sadio Mane.

Penyerang Senegal tersebut banyak mendapat kritik tajam di media sosial. Sebabnya dia melakukan diving dan harus menjadi kartu merah.

Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Guinea: Mereka Sangat Tangguh

Mane sebelumnya mendapatkan kartu kuning akibat tekel yang dilakukan pada akhir babak kedua. Dan masuk ke babak tambahan, dia menjatuhkan diri di dalam kotak penalti Mesir.

Dari tayangan ulang nampak jelas tidak ada kontak yang dilakukan pemain Mesir kepada Mane. Itu juga yang jadi sebabnya pemain Mesir begitu marah melihat aksi diving Mane.

Indonesia U-23 Vs Guinea U-23 di Play-off Olimpiade 2024, Jangan Anggap Enteng

Tapi kemudian wasit tidak memberi hukuman lanjutan kepada Mane. Dia masih bisa bermain sampai dua babak tambahan usai dan menjadi eksekutor penalti Senegal.

Bomber Senegal, Sadio Mane dengan trofi Piala Afrika 2021.

Photo :
  • AFP/CHARLY TRIBALLEAU

Pada pertandingan ini, Mane betul-betul dalam sorotan. Bukan karena dia masih belum bisa mempersembahkan gelar juara untuk Senegal, tapi juga performanya.

Di awal babak pertama, Senegal mendapat hadiah penalti dari wasit. Pemain asal klub Liverpool itu jadi eksekutor, tapi kemudian tendangannya masih bisa dihalau kiper Mesir.

Kesalahan itu dibayar tuntas oleh Salah pada adu penalti. Jadi eksekutor kelima Senegal, bola melesat mulus ke dalam gawang. Itu membuat timnya unggul 4-2 atas Mesir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya