Gol Bunuh Diri Ukraina Bawa Wales Lolos ke Piala Dunia 2022

Pertandingan Wales vs Ukraina.
Sumber :
  • AP Photo/Rui Vieira

VIVA – Tiket terakhir menuju Piala Dunia 2022 dari zona Eropa diperebutkan oleh Wales dan Ukraina yang saling berjumpa di Cardiff City Stadium, Minggu 5 Juni 2022. Di laga tersebut, Wales berhasil menang tipis atas Ukraina.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Selepas kick off, kedua tim langsung menerapkan tempo permainan cepat. Wales menerapkan gaya bermain ala Britania yang dikenal kick and rush, sedangkan Ukraina coba tampil agresif.

Laga baru berjalan empat menit, Ukraina mampu mendapatkan peluang lewat skema tendangan bebas cepat. Bola mati yang cekatan diambil Ruslan Malinovskyi langsung diarahkan ke Oleksandr Zinchenko, tapi sepakan pemain Manchester City itu masih bisa diamankan kiper Wales.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Ukraina kembali memperoleh peluang pada menit 11. Namun, tembakan yang dilepaskan Illia Zabarnyi usai memaksimalkan umpan Roman Yaremchuk masih bisa diselamatkan dengan brilian oleh kiper Wales, Wayne Hennessey.

Terlalu asyik menyerang, Ukraina justru harus kebobolan pada menit 34. Berawal dari eksekusi tendangan bebas yang diarahkan Gareth Bale ke dalam kotak penalti Ukraina, Andriy Yarmolenko yang berniat membuang bola dengan kepalanya malah memasukkannya ke gawang sendiri.

Pengakuan Jay Idzes soal Lemparan Maut Pratama Arhan

Ukraina sempat mendapatkan kesempatan setelah wasit menghadiahi mereka penalti akibat pelanggaran yang dilakukan Joe Allen terhadap Andriy Yarmolenko pada menit 40. Akan tetapi, setelah meninjau VAR, wasit membatalkan hadiah penalti tersebut kepada Ukraina.

Hingga babak pertama berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta. Wales mampu mengamankan keunggulan 1-0 atas Ukraina.

Usai turun minum, Ukraina lebih agresif dalam membangun serangan, Sementara itu, Wales coba tampil disiplin dalam menjaga pertahanan sambil sesekali melancarkan serangan balik.

Wales nyaris menggandakan keunggulan pada menit 76. Namun, sepakan pemain pengganti Brennan Johnson masih bisa ditepis oleh kiper Ukraina, Georgi Bushchan. Bola muntah yang mengarah kepada Gareth Bale juga gagal dimanfaatkan karena eksekusinya masih melenceng.

Menit 84, giliran Ukraina yang mendapatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, sundulan Artem Dovbyk masih bisa dimentahkan dengan baik oleh Wayne Hennessey.

Dalam waktu yang tersisa, kedua tim masih saling berbalas serangan. Namun, hingga laga berakhir, Wales berhasil mengunci kemenangan 1-0 atas Ukraina.

Hasil ini sudah cukup untuk membawa Wales lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Nantinya, Wales akan tergabung di Grup B bersama Inggris, Iran, dan Amerika Serikat.

Susunan pemain

Wales: Wayne Hennessey; Ethan Ampadu, Joe Rodon, Ben Davies; Connor Roberts, Aaron Ramsey, Joe Allen, Daniel James (Brennan Johnson71'), Neco Williams (Rhys Norrington-Davie 90'+3'); Kieffer Moore, Gareth Bale (Harry Wilson 83').

Ukraina: Georgi Bushchan; Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Mykola Matvyenko, Vitalii Mykolenko; Taras Stepanenko (Serhiy Sydorchuk 70'); Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskyi (Mykola Shaparenko 70'), Viktor Tsygankov (Mykhailo Mudryk 77'); Roman Yaremchuk (Artem Dovbyk 77').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya