Hasil UEFA Nations League: Ronaldo Cetak Brace, Portugal Bantai Swiss

Megabintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.
Sumber :
  • Twitter/@EURO2024

VIVA – Timnas Portugal menjamu Swiss dalam matchday kedua Grup 2 UEFA Nations League A 2022/23 di Estadio Jose Alvalade, Senin 6 Juni 2022, dini hari WIB. Di laga tersebut, Portugal berhasil membantai Swiss.

Ganas, Cristiano Ronaldo dan Suarez Cetak Hattrick

Pada awal-awal pertandingan, Swiss sempat mengejutkan Portugal. Pasalnya, Haris Seferovic mampu mencetak gol ke gawang Portugal saat laga baru berusia 7 menit. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena sebelumnya terjadi pelanggaran.

Baru pada menit ke-15, gol benar-benar tercipta di pertandingan ini untuk Portugal. William Carvalho sukses menceploskan bola ke gawang Swiss usai memanfaatkan rebound eksekusi tendangan bebas yang dilepaskan Cristiano Ronaldo.

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

Menit 29, Swiss berpeluang menyamakan kedudukan dari aksi Xherdan Shaqiri. Dia melepas sepakan dengan kaki kirinya dari ujung kotak penalti. Namun bola masih bisa diamankan Rui Patricio dengan mudah.

Enam menit kemudian, Portugal justru berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini, Ronaldo yang sukses mencatatkan namanya di papan skor dengan sepakan kerasnya usai memanfaatkan umpan Diogo Jota.

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

Ronaldo mencetak brace di laga ini pada menit 39. Berawal dari sepakan Diogo Jota yang mampu dimentahkan Gregor Kobel, Ronaldo yang berdiri di posisi tepat berhasil memanfaatkan bola muntah untuk menciptakan gol.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum, tidak ada lagi gol yang tercipta. Portugal mampu mengungguli Swiss dengan skor 3-0.

Usai jeda, Portugal tetap tampil dengan determinasi tinggi seperti di paruh pertama. Bahkan, pada menit 51, Ronaldo nyaris mencetak hattrick. Namun, golnya dianulir karena sudah berada dalam posisi offside.

Portugal akhirnya berhasil mencetak gol keempat mereka pada menit ke-68. Adalah Joao Cancelo yang sukses menambah keunggulan bagi Portugal dengan sepakannya usai mengoptimalkan umpan terobosan Bernardo Silva.

Menit 83, Portugal sempat mendapatkan hadiah penalti setelah Ronaldo dilanggar oleh pemain Swiss. Namun, wasit menganulir keputusannya usai menganggap pelanggaran yang terjadi pada Ronaldo berada di luar kotak penalti Swiss.

Hingga laga selesai, tidak ada lagi tambahan gol yang tercipta. Portugal berhasil menutup pertandingan kontra Swiss dengan kemenangan 4-0.

Hasil ini mengantarkan Portugal menduduki puncak klasemen sementara Grup 2 UEFA Nations League A 2022/23 dengan perolehan 4 poin. Sedangkan, Swiss terpaku di dasar klasemen dengan raihan 0 poin.

Susunan pemain

Portugal: Rui Patricio (PG); Nuno Mendes, Danilo Pereira, Pepe, Joao Cancelo; Bruno Fernandes, William Carvalho, Ruben Neves; Diogo Jota, Cristiano Ronaldo, Otavio.

Swiss: Gregor Kobel (PG); Kevin Mbabu, Fabian Schar, Fabian Frei, Ricardo Rodriguez; Renato Steffen, Granit Xhaka; Djibril Sow, Xherdan Shaqiri, Ruben Vargas; Haris Seferovic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya