4 Keuntungan PSG Setelah Memiliki Lionel Messi

Lionel Messi bersama Paris Saint-Germain
Sumber :
  • AP Photo/Michel Euler

VIVA Bola – Lionel Messi sebagai salah satu pemain terbaik di dunia memiliki nilai komersial yang tinggi. Faktor itulah yang kemudian membuat Paris Saint-Germain berani untuk mendatangkannya di awal musim 2021/2022.

Daripada ke Madrid, Kylian Mbappe Mending Cari Gaji Rp6 Triliun Setahun

Ketika itu PSG diuntungkan dengan status Messi yang bebas transfer. Barcelona tidak bisa memperpanjang kontrak pemain berjuluk La Pulga itu karena terhalang batas maksimal pengeluaran LaLiga.

Meski berstatus bebas transfer, namun tidak akan mudah memiliki Messi. Tim yang menampungnya pasti mesti membayar gaji yang nilainya tinggi. Di sinilah kejelian PSG.

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

Meski mereka dikabarkan harus membayar gaji bersih mencapai 40 juta euro atau setara dengan Rp625 miliar per musimnya, tak lantas membuat gentar. Karena hitung-hitungan di awal, PSG bisa dapat keuntungan.

Chief Partnership Officer PSG, Marc Armstrong berbicara kepada Marca mengenai apa saja yang mereka bisa maksimalkan ketika Messi datang. Banyak pertumbuhan di beberapa sektor, termasuk dari sponsor.

Terpopuler: Pengakuan Pelatih PSG, Timnas Indonesia Dibela Ronaldo dan Messi

"Kami melihat pertumbuhan di area di mana kami dapat mencapai kesepakatan antara 3 hingga 5 juta euro, kemudian naik jadi 5 hingga 8 juta euro," kata Armstrong.

Lionel Messi saat Paris Saint-Germain melawan Lens

Photo :
  • AP Photo/Michel Euler

Lantas sektor apa saja yang jelas mendapat dampak positif dari kedatangan Messi?

1. Penjualan Jersey

Sejak kedatangan Messi, penjualan jersey PSG ada kenaikan. Klub jadi bertambah pemain bintangnya, setelah Kylian Mbappe dan Neymar pada musim sebelumnya juga memberi pemasukan besar.

Lebih dari 1 juta jersey PSG terjual, di mana 60 persen merupakan nomor punggung 30 yang dikenakan oleh Lionel Messi. Ini adalah catatan bagus untuk penjualan dalam semusim.

2. Dampak Media Sosial

Media sosial milik PSG juga mendapatkan dampak positif setelah kedatangan Messi. Mereka mendapat tambahan 15 juta pengikut di semua platform dan melampaui angka 150 juta untuk kali pertama.

"Kami mendapatkan rata-rata 1,4 juta per pekan dan merupakan klub pertama dari Prancis yang mencapai 10 dan 20 juta pengikut TikTok atau jenama Prancis teratas di Instagram," tutur Armstrong.

3. Pendapatan Tiket Melonjak

Adanya Messi dalam skuad PSG membuat penjualan tiket di stadion melonjak tajam. Mereka bahkan harus menaruh banyak orang dalam daftar tunggu pemesanan.

Armstrong mengatakan setiap pertandingan mereka, tiketnya terjual habis. Ini menjadi pendapatan yang tinggi, bahkan dibanding klub Eropa lainnya.

4. Jumlah Sponsor Meningkat

Messi datang, sponsor pun datang. Mereka mencatatkan pertumbuhan sponsor mencari 13 persen. Setidaknya ada 10 kontrak dari sponsor baru untuk PSG.

Daya tarik Messi tak dimunkiri oleh Armstrong memikat banyak jenama papan atas dunia. Mereka mendapatkan kerja sama dengan Dior, Big Cola, Infinity Sports Water, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya