Sadio Mane dan Salah Masuk Nominasi 10 Pemain Terbaik Afrika

Pemain Bayern Munich, Sadio Mane
Pemain Bayern Munich, Sadio Mane
Sumber :
  • instagram.com/fcbayern

VIVA Bola – Tidak ada ajang penghargaan sejak tahun 2019 karena pandemi COVID-19 dan perubahan keputusan untuk mengganti periode kualifikasi yang biasanya berjalan di pertandingan sepak bola.

Superstar Senegal Sadio Mane saat ini memimpin daftar dari 10 nominasi untuk penghargaan Pemain Terbaik Afrika, yang akan diberikan pada akhir bulan Juli 2022 nanti untuk pertama kalinya setelah tiga tahun tidak ada penghargaan tersebut.

Konfederasi Sepak Bola Afrika atau Confederation of African Football (CAF) telah mengumumkan kepada publik melalui laman resmi twitternya, akan ada penghargaan pemain tahun ini. Daftar nominasi pun telah diumumkan pada hari Senin, 11 Juli 2022.

Mane, yang memenangkan penghargaan terakhir tersebut pada 2019, akan diunggulkan untuk menang lagi setelah musim di mana dirinya membantu Senegal meraih gelar Piala Afrika pertama mereka, plus kualifikasi ke Piala Dunia di Qatar.

Mane juga meraih kesuksesan piala dengan Liverpool di level klub, tetapi sejak itu pindah ke Bayern Munich.

Mantan rekan setimnya Naby Keita dan Mohamed Salah juga termasuk di antara daftar 10 nominasi pemain terbaik di Afrika, bersama dengan Riyad Mahrez yang saat ini bermain dengan Manchester City. Salah memenangkan penghargaan pada 2017 dan 2018 dan Mahrez pada 2016.

Pandemi COVID-19 dan keputusan untuk mengalihkan periode kualifikasi dari tahun kalender ke musim 2021-22 adalah alasan mengapa tidak ada penghargaan selama tiga tahun terakhir, kata pejabat CAF kepada kantor berita Reuters.