AFC Umumkan Tahapan Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Arab Saudi saat hadapi Australia di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia
Sumber :
  • twitter.com/afcasiancup

VIVA Bola – Komite eksekutif Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah menyelesaikan dan menyetujui format kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027.

Pengakuan Jay Idzes soal Lemparan Maut Pratama Arhan

Delapan jatah langsung lolos dan satu slot playoff antar-zona telah dialokasikan FIFA kepada AFC, menyusul penambahan peserta Piala Dunia 2026 menjadi 48 tim dari 32 tim.

Nah, seperti apa format baru untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027?

Masih Ingat 34 Pemain Pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Ada M Tahir hingga Andritany

Babak Kualifikasi Gabungan Awal 1

22 tim, peringkat 26 hingga 47 di zona AFC, akan diundi untuk saling berhadapan dalam format kandang-tandang, di mana 11 pemenangan akan maju ke babak kualifikasi gabungan awal 2.

Shayne Pattynama Beri Kabar Baik untuk Timnas Indonesia

Babak Kualifikasi Gabungan Awal 2

36 tim, yang terdiri dari peringkat hingga 25 di zona AFC, serta 11 pemenangan di babak pertama, akan dibagi menjadi sembilan grup yang masing-masing berisikan empat tim. Mereka akan bertanding dalam format round-robin, kandang-tandang, di mana dua tim teratas di setiap grup - total 18 - akan maju babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC.

Laga Vietnam vs Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Photo :
  • The-AFC.com

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona AFC

Selanjutnya, 18 tim yang juga lolos otomatis ke Piala Asia 2027, akan dibagi menjadi tiga grup yang masing-masing berisikan enam tim, bersaing dalam format round-robin, kandang-tandang, dengan dua tim teratas masing-masing grup - total 6 - lolos langsung ke Piala Dunia 2026.

Playoff Piala Dunia 2026 Zona AFC

Babak playoff akan terdiri dari tim peringkat ketiga dan keempat dari semua grup di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC - total 6 tim -. Enam tim itu akan diundi ke dalam dua grup yang masing-masing berisikan tiga tim, bersaing dalam format round-robis tunggal.

Dua tim teratas dari playoff ini akan melaju ke Piala Dunia 2026. Tim peringkat kedua dari kedua grup akan bertarung dalam pertandingan playoff untuk menentukan wakil AFC di playoff antar-zona.

10 tim yang kalah di babak kualifikasi gabungan awal 1 akan diundi untuk bertanding dalam format kandang-tandang, di mana lima pemenangan akan melaju ke babak final kualifikasi Piala Asia 2027.

Indonesia vs Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023

Photo :
  • pssi.org

Babak Final Kualifikasi Piala Asia 2027

Total 24 tim, - satu tim dengan peringkat terbaik yang kalah di babak kualifikasi gabungan awal 1, 18 tim peringkat ketiga dan keempat masing-masing grup dari babak kualifikasi gabungan awal 2, serta lima pemenangan dari playoff kualifikasi Piala Asia 2027 - akan dibagu menjadi enam grup yang masing-masing terdiri dari empat tim, di mana hanya peringkat pertama dari setiap grup yang akan lolos ke Piala Asia 2027.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya