Thailand Masih Bisa Lolos Piala Asia U-20, tapi Berharap Hasil Grup H

Skuad Timnas Thailand U-20.
Sumber :
  • Instagram/@changsuek

VIVA Bola – Nasib berbeda dialami dua negara Asia Tenggara, Vietnam dan Thailand, klasemen akhir peringkat dua terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 telah mencapai babak akhir. Sembilan dari sepuluh grup sudah menyelesaikan seluruh rangkaian pertandingannya.

Sembilan juara grup di kualifikasi dan satu tuan rumah telah memastikan tiket putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Timnas Arab Saudi di Kualifikasi Piala Asia U-20

Photo :
  • AFC

Kesembilan juara grup tersebut adalah Arab Saudi, Qatar, Jepang, Jordania, Korea Selatan, Indonesia, Oman, Tajikistan, dan Iran. Sedangkan, tuan rumah Uzbekistan sudah dipastikan lolos otomatis.

Terpopuler: Timnas Indonesia Diadang Thailand-Vietnam, Eks Bintang Inter Milan Tersandung Narkoba

Selain juara grup, ada beberapa runner up grup yang juga telah memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Sebab, 6 runner up terbaik dari 10 grup akan diambil untuk menggenapi peserta Piala Asia U-20 2023 menjadi 16.

Sejauh ini, dari sembilan grup yang sudah menjalani babak kualifikasi, ada empat runner up terbaik yang dipastikan melaju ke putaran final.

Salah satunya adalah Vietnam. Tim berjuluk The Golden Star itu lolos melalui jalur runner up terbaik meski menelan kekalahan di laga terakhir Grup F melawan Timnas Indonesia U-20.

Kekalahan itu tak membuat Vietnam gugur begitu saja. Sebab, poin mereka dan selisih golnya, unggul atas para pesaingnya.

Di klasemen peringkat kedua terbaik, Vietnam berada di posisi teratas dengan 6 poin dan selisih gol plus tujuh. Vietnam otomatis lolos, dan unggul atas 8 runner grup lainnya.

Apesnya, pencapaian yang diraih Vietnam gagal diikuti oleh Thailand. Skuad Gajah Perang secara mengejutkan terancam gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023. 

Thailand menempati urutan kelima klasemen runner up terbaik dengan perolehan 6 poin dan selisih gol plus 3.

Timnas Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-20

Photo :
  • AFC

Torehan ini sama seperti Suriah. Namun, Suriah berada di atas Thailand di klasemen peringkat dua terbaik karena unggul disiplin poin.

Posisi Thailand terbilang tidak begitu aman. Pasalnya, Grup H yang dihuni Irak, Australia, India, dan Kuwait, baru akan menjalani rangkaian pertandingannya, pada Oktober mendatang.

Jika empat tim tersebut bisa mengungguli poin dan selisih gol Thailand, maka Gajah Perang harus rela absen di Piala Asia U-20 2023.

Berikut klasemen peringkat dua terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023:

1. Vietnam (6 poin, +7 gol)
2. Kirgistan (6 poin, +7 gol)
3. China (6 poin, +6 gol)
4. Suriah (6 poin, +3 gol_
5. Thailand (6 poin, +3 gol) (kalah disiplin poin dari Suriah)
6. Lebanon (6 poin, +2 gol)
7. Yaman (4 poin, 0 gol)
8. Mongolia (4 poin, -1 gol)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya