Timnas Belanda Kalahkan Belgia Berkat Sundulan Virgil van Dijk

Belanda vs Belgia di UEFA Nations League
Sumber :
  • AP Photo/Peter Dejong

VIVA Bola – Timnas Belanda mengamankan tiga angka saat menjalani pertandingan pamungkas Grup 4 UEFA Nations League A. Menjamu Timnas Belgia di Johan Cruijff Arena, Senin dini hari WIB 26 September 2022, mereka menang dengan skor 1-0.

Pantas Saja Shin Tae-yong Kepincut Bek Liga Belanda Ini, Ternyata Statistiknya Mengerikan

Dengan tiga angka ini, Belanda mengakhiri perjalanan di Grup 4 UEFA Nations League A sebagai pemuncak klasemen. Total 16 poin dihasilkan dari enam pertandingan yang dilalui.

Belanda menjadi tim terkuat di grup ini. Sebab, tim berjuluk De Oranje menyapu lima kemenangan dan sekali imbang. Kekalahan tak pernah mereka.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Sementara Belgia harus puas menempati peringkat kedua. Mereka mendapatkan 10 poin dari hasil tiga kemenangan, sekali imbang, dan dua kali kalah.

Belanda vs Belgia di UEFA Nations League

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong
Aksi Tak Terlupakan Timnas Indonesia saat Jajal 5 Tim Elite Dunia

Ketat di Babak I

Memulai pertandingan ini, Belanda dan Belgia terlihat bermain hati-hati. Mereka tak ingin kecolongan di menit awal yang akan membuat mereka terjebak dalam situasi.

Serangan demi serangan dilakukan oleh kedua tim. Sayangnya, tidak ada yang benar-benar bisa memberi keunggulan bagi tim.

Catatan statistik memperlihatkan Belanda dan Belgia nyaris imbang dalam penguasaan bola. Tuan rumah lebih banyak melakukan percobaan ke gawang lawan dengan enam kali.

Sedangkan Belgia melakukan lima percobaan ke gawang lawan. Mereka juga terbilang lebih efektif, karena tiga di antaranya mengarah ke sasaran.

Pecah Kebuntuan di Babak II

Belanda vs Belgia di UEFA Nations League

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong

Belgia memilih untuk melakukan penguasaan bola lebih banyak di babak kedua. Tujuannya untuk membuat Belanda tak bisa lagi agresif menyerang.

Tapi tuan rumah tak mau larut dalam ritme tersebut. Setiap kali mencuri bola, serangan balik cepat dilakukan.

Beberapa kali Belanda mampu menciptakan peluang berbahaya. Sayangnya masih belum bisa membuat mereka untuk memecah kebuntuan.

Gol kemenangan Belanda tercipta pada menit 73. Virgil van Dijk melepaskan sundulan untuk meneruskan umpan sepak pojok. Gol tersebut membuat Belanda akhirnya keluar sebagai pemenang.

Susunan Pemain

Belanda: Remko Pasveer; Virgil van Dijk, Nathan Ake (Tyrell Malacia 46'), Jurrien Timber (Stefan de Vrij 65'), Steven Berghuis (Cody Gakpo 31'), Marten de Roon, Davy Klaassen (Ryan Gravenberch 90+2'), Daley Blind, Denzel Dumfries, Steven Bergwijn, Vincent Janssen (Kenneth Taylor 46').

Belgia: Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Zeno Debast, Axel Witsel, Amadou Onana (Youri Tielemans 74'), Timothy Castagne (Dodi Lukebakio 82'), Thomas Meunier (Yannick Carrasco 46'), Michy Batshuayi (Charles De Ketelaere 46'), Eden Hazard (Leandro Trossard 64'), Kevin De Bruyne.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya