Pernah 3 Kali Bela Belanda, Jairo Riedewald Masih Bisa Perkuat Timnas Indonesia?

Gelandang Crystal Palace, Jairo Riedewald
Sumber :
  • AP Photo/Rui Vieira, Pool

Jakarta – Gelandang Crystal Palace, Jairo Riedewald menyatakan kesiapan bergabung dengan Timnas Indonesia. Namun, ada keraguan dia bisa memenuhi regulasi. Sebab, ternyata Riedewald sempat tiga kali membela Timnas Belanda.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Jairo Riedewald pernah bermain untuk Timnas Belanda senior. Ketika itu dia dipercaya tampil sebanyak tiga kali oleh pelatih Danny Blind.

Danny Blind yang sempat menahkodai tim senior Belanda di Kualifikasi EURO 2016 membawa serta Jairo Riedewald yang saat itu membela Ajax Amsterdam.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Terkait hal ini, pandit senior Ronny Pangemanan atau kerap disapa Bung Ropan memberikan penjelasan. Menurutnya, Riedewald masih memenuhi syarat untuk pindah kewarganegaraan dan membela negara lain.

“Kalau dia bermain di putaran final Euro atau Piala Dunia ya mungkin tidak bisa, jadi terbentur. Tapi dia bermain di kualifikasi, jadi satu poin yang bisa dia bermain untuk timnas kita,” kata Bung Ropan di kanal YouTube-nya.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Bung Ropan menambahkan jika saat membela Timnas Belanda, Jairo Riedewald saat itu baru berusia 19 tahun sehingga masih sesuai dengan regulasi FIFA.

Jairo Riedewald saat menghadapi Manchester United

Photo :
  • AP Photo/Dave Thompson

Aturan FIFA juga menyebut bahwa seseorang yang pernah membela tim senior tapi ketika itu baru berusia di bawah 22 tahun, dia bisa mengajukan untuk pindah federasi.

“Ketika dia bermain saat itu dia masih dalam usia 19 tahun, masih masuk dalam aturan mainnya FIFA, kan FIFA mengatakan di bawah 21 tahun, masih oke,” jelasnya.

Kedua faktor inilah yang menurut Bung Ropan membuat Jairo Riedewald masih punya kesempatan besar untuk memperkuat Timnas Indonesia.

“Saya pikir dia memenuhi syarat-lah untuk bisa bermain karena tidak terbentur dengan aturan-aturan yang ada,” tutupnya.

Jairo Riedewald lahir di Haarlem, Belanda, pada 9 September 1996. Dia memiliki keturunan Indonesia dari sang nenek yang berasal dari Manado.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya