Panas, Qatar Merespons Sindiran Tersembunyi Timnas Denmark

Pemain Timnas Denmark merayakan gol
Pemain Timnas Denmark merayakan gol
Sumber :
  • Twitter/hummel1923

VIVA Bola – Jersey Timnas Denmark di Piala Dunia 2022 menuai kontroversi. Usut punya usut, seragam yang akan digunakan Christian Eriksen dan kolega memiliki unsur sindiran terhadap Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Timnas Denamrk merilis jersey warna merah untuk laga kandang, warna putih untuk jersei tandang, dan warna hitam untuk jersei ketiga. Ketiganya tampak serupa, seperti desain polos tanpa apapun.

Bahkan, logo timnas dan logo Hummel sebagai produsen jersey tersebut dibuat samar dan menyatu dengan desain jersey. 

Hummel dalam pernyataanya, menuding Qatar sebagai penyelenggara telah membuat ribuan nyawa melayang dalam proses persiapan menjadi negara tuan rumah Piala Dunia 2022.

“Kami tidak ingin terlihat selama turnamen yang telah merenggut ribuan nyawa orang. Dengan jersey baru tim nasional Denmark, kami ingin mengirim pesan ganda," bunyi pernyataan Hummel.

"Mereka tidak hanya terinspirasi oleh Euro 92, memberikan penghormatan kepada kesuksesan sepakbola terbesar Denmark, tetapi juga protes terhadap Qatar dan catatan hak asasi manusianya," sambungnya.

Tudingan ini langsung dibantah oleh Komite Tertinggi di Qatar. Mereka menganggap tudingan tersebut mengada-ada karena mereka sudah menerapkan standar kepada para pekerja.