Profil Timnas Maroko, Jagoan Afrika yang Dinantikan di Piala Dunia 2022

Pemain Timnas Maroko rayakan gol
Sumber :
  • instagram.com/equipedumaroc

VIVA Bola – Profil Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 sebagai wakil dari benua Afrika. Kiprah Timnas Maroko sangat dinanti-nantikan di Piala Dunia 2022. Ajang Piala Dunia 2022 ini merupakan keikutsertaan Maroko untuk yang berulang kali. Sebelumnya, tim berjuluk Singa Atlas ini pernah lima kali ikut Piala Dunia.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Meski termasuk tim kuat di Afrika, Singa Atlas belum mampu bicara banyak di Piala Dunia. Dari lima partisipasi Timnas Maroko sebelumnya, hasil terbaik Maroko hanya sampai babak 16 besar di Piala Dunia 1986.

Timnas Maroko

Photo :
  • FIFA.COM
Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Sempat absen di Piala Dunia edisi berikutnya, Maroko akhirnya kembali mentas pada Piala Dunia 1994. Hanya saja, Maroko belum mampu menunjukkan kehebatannya. Di edisi terakhirnya yakni pada Piala Dunia 2018, mereka harus mengangkat koper lebih cepat setelah gagal menembus babak 16 besar.

Tahun ini, Maroko kembali mencoba peruntungan. Mereka datang dengan ambisi besar untuk membuktikan bukan hanya sebagai tim hiburan belaka. Di Piala Dunia 2022, Maroko tergabung di Grup F bersama tiga pesaing lainnya. Yaitu Belgia, Kanada, dan Kroasia.

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Lantas, seperti apa kekuatan Timnas Maroko tahun ini? Sanggupkah mereka melangkah jauh? Simak ulasan VIVA Bola di bawah ini:

Perjalanan Timnas Maroko Lolos ke Piala Dunia 2022

Pemain Timnas Maroko rayakan gol

Photo :
  • instagram.com/equipedumaroc

Timnas Maroko merupakan satu dari lima tim asal benua Afrika yang mentas di Piala Dunia 2022. Perjalanan Maroko menembus putaran final Piala Dunia 2022 terbilang mulus.

Singa Atlas hanya perlu melalui dua babak saja. Di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika mereka sangat perkasa. Tergabung di Grup I, Maroko mampu finis di peringkat pertama dengan menyabet enam kemenangan dari enam pertandingan.

Bahkan mereka mampu mencetak 20 gol hanya dengan satu kali kebobolan. Catatan itu membuat Maroko berhak langsung lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika, mereka sangat unggul. Maroko berhadapan dengan Republik Demokratik Kongo. Dalam dua leg, Maroko menghabisi langsung lawannya dengan agregat 5-2. Usai imbang 1-1 di pertandingan pertama, Maroko menggila dan menang 4-1 di leg kedua. Dengan begitu mereka bisa lolos ke Piala Dunia 2022.

Pemain Andalan Timnas Maroko

Hakim Ziyech pensiun dari Timnas Maroko

Photo :
  • Eurosport

Bicara pemain andalan, sebenarnya terdapat dua pemain yang menonjol di Maroko. Mereka adalah Hakim Ziyech dan Achraf Hakimi.

Namun, kiprah Achraf Hakimi yang paling menjadi sorotan, karena penampilan apiknya bersama Paris Saint-Germain (PSG). Di musim ini, Achraf Hakimi tampil apik dengan 18 kali bermain bersama PSG. Ia pun sudah mencetak tiga assist dan dua gol bersama PSG.

Achraf Hakimi juga tampil apik bersama Maroko, meski baru menginjak usia 23 tahun. Itu terbukti dari 51 caps pemain berposisi bek kanan ini bersama Timnas senior Maroko sejak debut pada 2016 silam. Dengan catatan itu, tentu menarik menanti kiprah Achraf Hakimi di Piala Dunia 2022.

Pelatih Timnas Maroko

Saat ini Maroko ditangani oleh Walid Regragui, yang sebelumnya sebagai asisten pelatih Maroko era 2012-2013. Selama ini, pria berkebangsaan Maroko itu sudah pengalaman menukangi tim di level klub.

Paling sukses, Walid Regragui membawa klub lokal Maroko, Fus Rabat juara Liga Maroko dan Piala Maroko. Setelah itu hijrah ke Al-Duhail SC, klub divisi pertama Liga Qatar, sebelum akhirnya kembali ke Liga Maroko bersama Wydad Casablanca. Baru pada Agustus 2022 silam, ia kembali ke Timnas Maroko.

Jadwal Timnas Maroko di Piala Dunia 2022

Bek Timnas Maroko, Achraf Hakimi.

Photo :
  • instagram.com/achrafhakimi

Rabu, 23 November 2022
17.00 WIB – Maroko vs Kroasia

Sabtu, 27 November 2022
20.00 WIB – Belgia vs Maroko

Kamis, 1 Desember 2022
22.00 WIB – Kanada vs Maroko

Kiprah Timnas Maroko di Piala Dunia

  • 1970: Fase Grup
  • 1986: 16 Besar
  • 1994: Fase Grup
  • 1998: Fase Grup
  • 2018: Fase Grup
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya