Fakta Menarik Piala Dunia 2022: Jumlah Wasit Hingga Total Hadiah

Logo Piala Dunia 2022
Sumber :
  • Twitter/@FIFAWorldCup

VIVA Bola – Piala Dunia 2022 Qatar akan dimulai pada Minggu malam WIB 20 November 2022. Tuan rumah akan memulai pertandingan dari Grup A menghadapi Timnas Ekuador di Stadium Al Bayt Al Khor.

Profil Timnas Jerman, Tuan Rumah Ingin Kembalikan Nama Besar di Piala Eropa 2024

Piala Dunia 2022 menjadi sorotan dunia sejak jauh-jauh hari. Tidak sedikit kontroversi yang mengiringi masa persiapannya. Kritik silih berganti datang dan ditujukan kepada FIFA.

Salah satu yang santer beredar belakangan adalah waktu penyelenggaraan. Karena ini adalah kali pertama Piala Dunia digelar di akhir tahun, atau musim dingin.

Sepakbola Indonesia Masih Jauh dari Ideal

Trofi Piala Dunia

Photo :
  • FIFA

Dampak dari penentuan jadwal ini adalah waktu kompetisi di sejumlah negara yang bentrok. Di Eropa misalnya, saat ini hampir masuk ke pertengahan. Bahkan masih banyak tim yang harus bertanding, sepekan sebelum Piala Dunia 2022 digelar.

Shin Tae-yong Sayangkan Keputusan Wasit saat Lawan Guinea

FIFA beralasan, penentuan jadwal Piala Dunia 2022 karena menyesuaikan iklim di Qatar. Jika digelar saat musim panas, cuacanya akan sangat panas dan membuat pemain kesulitan.

Masih banyak fakta-fakta Piala Dunia 2022 yang kemudian menjadi kontroversi. Tapi, untuk kali ini FIFA coba merangkum fakta lain yang ringan, tapi menarik untuk diketahui.

1. Jumlah Wasit Piala Dunia 2022, 6 dari AFC

Wasit asal China, Ma Ning

Photo :
  • Xinhua

Sejak Mei lalu, FIFA telah mengumumkan wasit Piala Dunia 2022. Total ada 36 wasit yang mereka siapkan dengan tambahan 69 asisten wasit, dan 24 ofisial pertandingan video.

Para perangkat pertandingan ini telah dipilih melalui kerja sama dengan enam konfederasi sepakbola di bawah naungan FIFA. Mereka diseleksi berdasar kualitas ketika memimpin pertandingan resmi, baik domestik maupun internasional.

"Seperti biasa, kriteria yang kami gunakan adalah 'kualitas' dan ofisial pertandingan yang dipilih mewakili level tertinggi wasit di seluruh dunia," kata Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, dikutip dari laman resmi otoritas tertinggi sepakbola dunia tersebut.

Dalam memilih wasit untuk Piala Dunia 2022, jalan yang ditempuh terbilang panjang. Karena proses pemantauan kandidat dilakukan sejak 2019. Tidak mudah pula FIFA melakukan seleksi, karena banyak pertandingan sepakbola yang ditangguhkan akibat pandemi COVID-19.

Dalam mempersiapkan perangkat pertandingan Piala Dunia 2022, FIFA juga menggelar serangkaian program. Mereka yang sudah dipilih mendapatkan beberapa seminar yang tujuannya untuk mengasah kejelian dalam pengambilan keputusan saat memimpin pertandingan.

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) turut menyumbangkan enam wasit. Mereka adalah Abdulrahman Al Jassim (Qatar), Chris Beath (Australia), Alireza Faghani (Iran), Ma Ning (China), dan Mohammed Abdulla Mohammed (Uni Emirat Arab), Yoshimi Yamashita (Jepang).

2. Menafsirkan Sendiri Maskot Piala Dunia 2022

Maskot resmi Piala Dunia 2022 diberi nama La'eeb. Nama itu diambil dalam bahasa Arab yang berarti pemain yang punya kemampuan terampil.

La'eeb memiliki penampilan seseorang dengan menggunakan kain penutup kepala. Itu menggambarkan pakaian orang-orang di Qatar. Namun, dari FIFA sendiri tidak mau memberi penjelasan rinci, justru mereka meminta publik untuk bisa memberi tafsiran masing-masing.

"Semua orang diundang untuk menafsirkan seperti apa bentuknya. La'eeb mendorong semua orang untuk percaya kepada diri mereka sendiri. Dia akan membawa kegembiraan sepakbola kepada semua orang," demikian pernyataan FIFA.

Dengan cara seperti itu, FIFA berharap semua orang bisa menghidupkan imajinasinya tentang La'eeb. Yang pasti karakter sang maskot adalah pemberani, penuh semangat, menyenangkan, berjiwa petualang, dan rasa ingin tahunya besar.

3. Lagu Ofisial Piala Dunia 2022

"Hayya Hayya (Better Together)" menjadi judul lagu ofisial Piala Dunia 2022. Sudah dirilis ke publik sejak tujuh bulan lalu, lagu ini dinyanyikan oleh tiga orang, yakni Trinidad Cardona, Davido, dan Aisha.

Lagu ofisial Piala Dunia 2022 tidak cuma satu. Ada pula yang berjudul "Light The Sky". Ini adalah kolaborasi dari Nora Fatehi, Balqees, Rahmad Riad, Manal & RedOne. Pertama kali FIFA merilisnya pada 13 Oktober 2022.

Hasil kolaborasi Ozuna, dan GIMS juga menjadi lagu ofisial Piala Dunia 2022. Lagu mereka diberi judul Arhbo dan sudah dirilis oleh FIFA sejak Agustus 2022 lalu.

Ketiga lagu ini sudah bisa dinikmati melalui Youtube resmi FIFA. Banyak sambutan antusias yang diberikan publik atas lagu-lagu ofisial Piala Dunia 2022 ini.

4. Bola Piala Dunia 2022 Buatan Indonesia

Bola Piala Dunia 2022, Al Rihla

Photo :
  • FIFA.com

Adidas memiliki keistimewaan sebagai penyedia bola untuk Piala Dunia 2022. Bola produksi mereka diberi nama Al Rihla. Indonesia memiliki keterlibatan di sini, karena bola tersebut dibuat di Madiun, Jawa Timur.

Perusahaan asal Indonesia mendapat kepercayaan dari Adidas untuk membuat Al Rihla. Mereka diminta menyediakan 50.000 bola untuk ajang empat tahunan tersebut, dan kualitasnya harus terbaik.

Al Rihla dipilih menjadi nama bola buatan Adidas ini karena memiliki arti "perjalanan". Dengan kualitas terbaik dalam proses pembuatannya, diharap Al Rihla mampu menunjang para pemain untuk menampilkan yang terbaik.

Dalam membuat Al Rihla, teknologi tingkat tinggi digunakan. Fokusnya adalah kecepatan, sehingga bola bisa bergerak dengan lebih cepat dan akurasi serta stabilitas terukur. Teknologi terbaru dalam pembuatan bola, CTR-CORE dan Speedshell digunakan.

CTR-CORE digunakan untuk membuat bagian inti bola agar akurasi meningkat dan mengutamakan konsistensi. Sedangkan Speedshell adalah bagian kulit bola yang memiliki tekstur mikro dan makro, serta kelengkapan panel dengan 20 bagian. Tujuannya untuk meningkatkan aerodinamika bola.

5. Harga Tiket Pertandingan Piala Dunia 2022

Stadion 974 venue Piala Dunia 2022 Qatar

Photo :
  • qatar2022.qa

Mengutip laman Statista, harga tiket untuk bisa menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2022 langsung di stadion ada perbedaan. Dimulai dari pertandingan pembuka antara Qatar melawan Ekuador.

Kategori 1 dijual dengan harga 618 dolar Amerika Serikat (Rp9,5 juta). Untuk kategori 2, harga yang dipatok sebesar 6,8 juta. Bagi penonton yang ingin membeli kategori tiga harganya Rp4,7 juta. Dan yang paling murah adalah kategori 4, yaitu Rp848 ribu.

Harga tiket fase grup mengalami penurunan. Kategori 1 yang paling mahal dibanderol seharga Rp3,4 juta. Sedangkan kategori 4 yang paling murah dibanderol dengan harga Rp170 ribu.

Harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkan tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022 akan naik lagi. Untuk kategori 1 dipatok dengan harga Rp4,2 juta, sedangkan kategori 4 yang termurah Rp293 ribu.

Semakin tinggi babak pertandingan Piala Dunia 2022, maka tiket yang harus dibayarkan naik juga. Kategori 1 perempat final harganya Rp6,6 juta, dan paling murah kategori 4 Rp1,3 juta.

Harga termurah untuk babak semifinal adalah Rp14,7 juta, dan yang paling murah Rp2,1 juta. Bagi mereka yang mau menyaksikan perebutan tempat ketiga, tiket yang dibeli harganya sama seperti babak perempat final.

Tiket pertandingan final Piala Dunia 2022 jadi yang paling mahal. Kategori 1 dijual dengan harga Rp24,8 juta, kategori 2 Rp15,5 juta, kategori 3 Rp9,3 juta, dan kategori 4 Rp3,2 juta.

6. Total Hadiah Piala Dunia 2022

Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Photo :
  • FIFA.com

FIFA mengalokasikan dana sebesar Rp6,78 triliun untuk total hadiah Piala Dunia 2022. Jumlah ini lebih banyak Rp617 miliar dari Piala Dunia 2018 di Rusia.

Mengutip Sporting News, uang sebesar itu nantinya akan dibagi ke dalam beberapa sektor. Pemenang Piala Dunia 2022, akan mendapatkan Rp648 miliar. Ada kenaikan sebesar Rp62 miliar dibanding Piala Dunia 2018.

Setiap tim yang tampil di Piala Dunia 2022 juga akan mendapatkan uang dari FIFA. Tapi jumlahnya sesuai dengan pencapaian. Mereka yang cuma tampil di babak grup akan mendapat Rp139 miliar.

Sementara yang terhenti langkah di babak 16 besar diberikan hadiah Rp201 miliar. Jumlah itu akan meningkat menjadi Rp262 miliar bagi mereka yang terhenti di perempat final.

Tim yang menjadi peringkat keempat pada Piala Dunia 2022 mendapatkan hadiah Rp386 miliar. Sedangkan peringkat ketiga Rp417 miliar, dan runner up Rp463 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya