Sejarah Wasit Wanita di Piala Dunia Tercipta di Laga Jerman Vs Kosta Rika

Stephanie Frappart
Sumber :
  • twitter.com/FIFAcom

VIVA Bola – Pertandingan pamungkas Grup E Piala Dunia 2022 antara Jerman vs Kosta Rika akan dipimpin oleh wasit wanita, Stephani Frappart. Dia akan ditemani oleh Neuza Ines Back dan Karen Diaz Medina dalam memimpin jalannya laga di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar pada Jumat dini hari WIB 2 Desember 2022.

Ini Wasit yang Pimpin Pertandingan Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Frappart akan jadi wasit wanita pertama yang dipercaya memimpin pertandingan Piala Dunia. Ini jadi catatan menarik wanita asal Prancis dalam menjalani karier sebagai sang pengadil.

Sejak dipanggil bertugas di Piala Dunia 2022, wanita berusia 38 tahun tersebut lebih banyak menjadi wasit keempat. Dia bertugas saat Meksiko melawan Polandia pada laga perdana Grup C.

Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Neuza Back

Photo :
  • twitter.com/FIFAcom

Frappart sendiri bukannya nama asing bagi pecinta sepakbola dunia. Dia selama ini memimpin pertandingan Piala Dunia Wanita pada 2015 dan 2019.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Untuk sepakbola pria, Frappart sudah punya pengalaman juga memimpinnya. Dia bertugas di Liga Champions saat Real Madrid melawan Glasgow Celtic dan Juventus vs Dinamo Kiev pada 2020.

Pertama kali Frappart memimpin pertandingan sepakbola pria profesional adalah Ligue 1 pada 2019. Ketika itu dia mendapat kepercayaan untuk pertandingan Angers lawan Strasbourg.

Karen Diaz

Photo :
  • twitter.com/FIFAcom

Menjadi wasit adalah alternatif profesi dari Frappart. Karena awalnya dia ingin menjadi pemain. Tapi, pada usia 18 tahun dia memilih untuk beralih.

Frappart kemudian memilih untuk fokus pada aturan permainan sepakbola. Lalu dia terus berupaya untuk bisa mencapai puncak karier sebagai wasit.

Pertandingan Timnas Jerman melawan Timnas Kosta Rika akan sangat menentukan. Karena kedua tim masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Asisten wasit asal Brasil, Neuza Ines Back juga akan jadi bagian dari sejarah Piala Dunia. Begitu juga Karen Diaz yang berasal dari meksiko.

Keduanya bukannya wasit tanpa pengalaman. Mereka juga sudah pernah merasakan pengalaman memimpin jalannya pertandingan sepakbola di tingkat nasional dan regional.

Dengan bekal itulah, kepercayaan dari FIFA mereka dapatkan. Menarik untuk menantikan kiprah mereka di laga Jerman vs Kosta Rika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya