Vietnam Puncaki Klasemen Grup B SEA Games 2023 Usai Gasak Singapura 3-1

Suporter Vietnam
Sumber :
  • daylife

VIVA Bola - Timnas Vietnam U-22 merebut posisi puncak klasemen Grup B SEA Games 2023 Kamboja cabang olahraga sepakbola setelah mengandaskan perlawanan Singapura U-22 dengan skor 3-1 di Stadion Visakha, Phnom Penh, Rabu 3 Mei 2023.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia

Tiga gol Vietnam dicetak oleh Nguyen Van Tung, Nguyen Thai Son, dan gol bunuh diri Mohamed Ilhan. Satu gol Singapura dicetak oleh Vu Tien Long yang melakukan gol bunuh diri.

Hasil ini membuat tim juara bertahan Vietnam duduk di puncak klasemen sementara Grup B cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 dengan enam poin, sedangkan Singapura terpuruk di posisi kelima dengan nol poin.

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Skuad asuhan Phillipe Troussier langsung tancap gas di menit-menit awal babak pertama. Alhasil, mereka sudah mendapat peluang di laga yang baru berjalan enam menit melalui sepakan Nguyen Duc Phu yang masih gagal menembus pertahanan Singapura.

Vietnam terus menggempur pertahanan Singapura dan puncaknya pada menit ke-36 mereka berhasil mengubah papan skor melalui gol Nguyen Van Tung yang memanfaatkan serangan balik cepat yang dipimpin oleh Le Van Do. Skor 1-0 untuk Vietnam.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Petaka menghantui Singapura. Pasalnya, mereka kembali kebobolan di dua menit jelang paruh pertama usai melalui gol dari Nguyen Thai Son yang memanfaatkan kesalahan Fathullah Rahmat. Skor 2-0 untuk keunggulan Vietnam bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, duel kedua tim berjalan lebih sengit sebab Vietnam ingin mempertahankan keunggulan, sedangkan Singapura mencoba mencetak ketertinggalan gol.

Singapura mencoba mengambil inisiatif permainan. Di menit ke-51, tim asuhan Philippe Aw Thiam itu memperoleh peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan. Ilham melepaskan crossing di kotak penalti Vietnam dan berhasil menemui Elijah, tapi tendangan pemain bernomor punggung 10 itu yang tanpa kawalan di dalam kotak masih melambung tinggi.

Vietnam tak ingin ketinggalan. Di menit ke-61 mereka melakukan serangan yang cukup membahayakan, tapi tendangan pemain bernomor punggung 14 masih melambung.

Vietnam kembali mendapatkan peluang emas. Kali ini di menit ke-78, Nguyen Quoc Viet mendapatkan bola muntah hasil gagalnya Abuzar Mamadou menyundul bola. Namun, sayangnya tendangannya masih menemui tiang gawang.

Satu menit berselang, gol pengganda kedudukan yang ditunggu Vietnam akhirnya didapat setelah Mohamed Ilhan yang bermaksud menyapu bola justru membuat bola mengarah ke gawangnya sendiri. Skor berubah menjadi 3-0.

Singapura lalu mendapat gol hiburan ketika Vu Tien Long melakukan gol bunuh diri di masa injury time. Skor berubah menjadi 3-1.

Tidak ada peluang berbahaya atau gol tambahan di sisa babak kedua. Skor 3-1 bertahan hingga peluit panjang berbunyi dan Vietnam keluar sebagai pemenang.

Hasil pertandingan matchday kedua sepak bola SEA Games 2023:

Grup A, Selasa 2 Mei 2023
Myanmar 1-0 Timor Leste
Filipina 1-1 Kamboja

Grup B, Rabu 3 Mei 2023
Singapura 1-3 Vietnam

(Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya