Sejarah Baru J League, 3 Wasit Perempuan Tugas Bersama

Yoshimi Yamashita
Sumber :
  • the-afc.com

VIVA Bola – J League membuat sejarah baru karena menugaskan tiga wasit perempuan untuk memimpin jalannya pertandingan antara Yokohama F. Marinos melawan Nagoya Grampus pada pekan ke-10, Sabtu 29 April 2023. Satu wasit utama, dan dua asisten menjalani tugasnya dengan baik.

Ini Wasit yang Pimpin Pertandingan Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Yoshimi Yamashita dipercaya menjadi wasit utama dalam pertandingan ini. Dia dibantu oleh Naomi Teshirogi dan Makoto Bozono sebagai asisten. Ketiganya sudah menenuhi syarat sebagai wasit internasional dan juga aktif sekarang ini.

Yamashita bukan kali pertama memimpin pertandingan J League. Wasit yang pernah bertugas di Piala Dunia 2022 itu pertama kali memimpin pertandingan kompetisi kasta tertinggi sepakbola Jepang pada September 2022.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Yokohama F Marinos vs Nagoya Grampus di J League

Photo :
  • instagram.com/yokohamaf.marinos

Akan tetapi, untuk bertugas bersama dua perempuan lainnya dalam sebuah pertandingan, ini baru yang pertama. Ini jadi sebuah terobosan penting dalam dunia perwasitan di Negeri Sakura.

Shin Tae-yong Beber Kondisi Pemain Indonesia U-23: Sangat Down!

Pelatih Yokohama F. Marinos, Kevin Muscat ditanya mengenai tanggapannya tentang tiga wasit yang bertugas memandu jalannya pertandingan. Juru taktik asal Australia tersebut menilai kinerja wasit sudah bagus.

Dia juga menolak untuk membanding-bandingkan antara wasit laki-laki dan perempuan. Karena menurut dia, yang harus diutamakan oleh tim adalah fokus kepada permainan.

"Saya tidak membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan. Wasit adalah wasit. Bagi kami tidak masalah yang mana," kata Muscat, dikutip dari Goal Jepang.

"Saya pikir kami harus konsentrasi pada performa kami, bukan wasit. Namun saya kira mengenai hari ini wasit telah melakukan sebuah kerja yang bagus," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya