Pertama Dalam 20 Tahun Tanpa Cristiano Ronaldo, Ini 5 Fakta Menarik Ballon d'Or 2023

Trofi FIFA Ballon d'Or
Sumber :
  • FIFA.com

VIVA Bola - Ini pertama kalinya penghargaan pemain terbaik dunia atau Ballon d'Or 2023 digelar tanpa adanya nama Cristiano Ronaldo.

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

Seperti diketahui, Cristiano Ronaldo selama 20 tahun selalu masuk dalam nominasi dan berhasil meraih lima kali penghargaan pemain terbaik dunia atau Ballon d'Or. Berikut beberapa fakta menariknya, dilansir dari berbagai sumber:

1. Tanpa Ada Nama Cristiano Ronaldo

Bintang Bayern Munich Ngamuk Usai Disingkirkan Real Madrid, Bongkar Aib Ronaldo

Megabintang Al Nassr Cristiano Ronaldo

Photo :
  • Instagram @alnassr

Pengumuman nominasi peraih penghargaan Ballon d'Or resmi telah umumkan, Namun tidak ada nama Cristiano Ronaldo dalam nominasi tersebut, hal itu pastinya sangat mengejutkan para penggemar sepakbola dunia.

Terpopuler: Pengakuan Pelatih PSG, Timnas Indonesia Dibela Ronaldo dan Messi

Cristiano Ronaldo telah meraih lima kali penghargaan Ballon d'Or. Namun kini mimpinya untuk meraih yang keenam kalinya harus pupus. Sementara nama Lionel Messi masuk dalam nominasi.

2. Lionel Messi Tak Pernah Absen

Megabintang Inter Miami, Lionel Messi

Photo :
  • AP Photo/Mark J. Terrill

Lionel Messi tidak pernah absen dalam nominasi penghargaan Ballon d'Or sejak 2006 pertama kali masuk. Selama 17 tahun masuk dalam nominasi penghargaan pemain terbaik dunia, pemain asal Argentina itu berhasil meraih tujuh kali penghargaan tersebut dan yang paling banyak di antara pemain lain.

Selain itu juga, Lionel Messi masih memiliki peluang untuk meraih penghargaan Ballon d'Or untuk yang kedelapan kalinya. Pasalnya pemain 36 tahun itu berhasil membawa Timnas Argentina meraih Piala Dunia 2022.

3. Erling Haaland Mendominasi

Manajer Manchester City Pep Guardiola dan Erling Haaland juara Piala Super Eropa

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Banyak pengamat sepakbola yang menjagokan Erling Haaland untuk meraih penghargaan Ballon d'or. Pemain asal Norwegia itu berhasil membawa Manchester City meraih Liga Champions dan keluar sebagai top skor dengan mencetak 11 gol.

Selain itu juga, ia juga berhasil membawa skuad asuhan Pep Guardiola meraih Premier League musim lalu dan laki-laki mantan pemain Borussia Dortmund terpilih pemain terbaik Premier League dan top skor.

4. Manchester City Sumbang 7 Pemain

Manchester City juara Piala Super Eropa 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Manchester City menjadi penyumbang pemain terbanyak dalam nominasi penghargaan Ballon d'Or yakni tujuh pemain diantaranya Josko Gvardiol, Kevin De Bruyne, Bernardo Silva, Ruben Dias, Erling Haaland, Julian Alvarez dan Rodri.

5. Andre Onana Kiper Satu-satunya

Kiper Manchester United, Andre Onana

Photo :
  • twitter.com/ManUtd

Andre Onana kini masuk dalam nominasi Ballon d'Or. Selain itu juga, pemain asal Kamerun itu menjadi kiper satu-satunya yang masuk dalam nominasi penghargaan tersebut.

Seperti diketahui, Andre Onana berhasil membawa Inter Milan melangkah ke Final Liga Champions musim lalu. Meskipun harus menelan kekalahan di laga puncak saat menghadapi Manchester City.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya