Cristiano Ronaldo Gagal Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023, Aneh Gak Sih?

Megabintang Al Nassr Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • Instagram @alnassr

Paris – Ada hal menarik dalam 30 kandidat peraih Ballon d Or 2023 yang baru saja dirilis majalah France Football. Tak ada nama megabintang Al Nassr, Cristiano Ronaldo dalam nominasi penghargaan bergengsi tersebut.

Bintang Bayern Munich Ngamuk Usai Disingkirkan Real Madrid, Bongkar Aib Ronaldo

Dilansir Transfermarkt, fenomena ini baru pertama kali terjadi dalam 20 tahun terakhir. Sebelumnya, Ronaldo selalu masuk nominasi sejak 2004.

Dari kurun waktu tersebut, Ronaldo merebut lima Ballon d'Or, yakni pada 2008, 2013, 2014, 2016 dan 2018. Catatan tersebut hanya kalah dari Lionel Messi yang merebut 7 Ballon d'Or.

Terpopuler: Pengakuan Pelatih PSG, Timnas Indonesia Dibela Ronaldo dan Messi
Cek Fakta: Timnas Indonesia U-23 Dibela Ronaldo dan Messi Akibat Dicurangi Wasit di Piala Asia

Gagalnya Ronaldo masuk nominasi sepertinya merujuk pada performa musim lalu yang tak konsisten. Di mana dia harus terbuang dari Manchester United usai wawancara kontroversial dengan Piers Morgan.

Ronaldo lalu hijrah ke Arab Saudi dengan memperkuat Al Nassr. Sayang, dia gagal mempersembahkan gelar di musim perdananya, meski mampu mencetak 14 gol daro 19 pertandingan.

Ronaldo baru tampil moncer di awal musim ini. Dia sukses membawa Al Nassr menjuarai Arab Club Champions Cup 2023.

Messi Makin Jauhi Ronaldo?

Sementara itu, Messi bisa semakin menjauhi Ronaldo dalam perolehan Ballon d'Or. La Pulga menjadi salah satu kandidat terkuat Ballon d'Or 2023 usai memenangi Piala Dunia 2022 bersama Argentina. Messi berpeluang merebut Ballon d’Or yang ke-8.

Di level klub, Messi harus menerima kenyataan tersingkir di babak 16 besar Liga Champions bersama PSG. Namun, Les Parisiens mampu dibawanya merebut gelar Ligue 1.

Megabintang Inter Miami, Lionel Messi

Photo :
  • Instagram @intermiamicf

Messi lalu hijrah ke MLS bersama Inter Miami. Dia langsung memberi dampak dengan membawa Inter Miami juara Piala Liga sekaligus ke final US Open Cup. 

Sementara itu, Erling Haaland menjadi saingan kuat Messi usai  membawa Manchester City meraih treble winners musim lalu. Pemain internasional Norwegia ini sukses mencetak 52 gol dari 53 pertandingan bersama The Citizens di semua kompetisi.

Haland juga mencetak rekor dalam debutnya di Premier League dengan catatan 36 gol.

Sejumlah gelar indidivu juga sudah direbut Haaland. Yakni  PFA Player of the Year, Premier League's Player of the Season dan Football Writers' Association's Men's Player of the Year.

Adapun pemenang Ballon d'Or akan diumumkan di Theatre du Chatelet, Paris, pada 30 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya