4 Kiper yang Cetak Gol Sepanjang Sejarah Liga Champions

Ivan Provedel saat Lazio vs Atletico Madrid
Sumber :
  • AP Photo/Andrew Medichini

Jakarta – Kiper Lazio, Ivan Provedel mencuri perhatian publik saat tampil di Liga Champions melawan Atletico Madrid di Stadio Olimpico de Roma, Rabu dini hari WIB 20 September 2023. Dia mencetak gol dan membuat pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

16 Klub Ini Pastikan Tiket ke Liga Champions Musim Depan, Siap-siap dengan Format Baru!

Ivan Provedel mencetak gol saat pertandingan memasuki masa injury time. Dia maju ke depan saat Lazio mendapat kesempatan sepak pojok, dan dia melepaskan sundulan yang membuat bola melesat ke dalam gawang tim tamu.

Dengan gol tersebut, Provedel masuk dalam sejarah Liga Champions sebagai kiper yang bisa mencetak gol dalam sebuah pertandingan. Dia tergabung dengan tiga kiper lainnya.

Skenario Bundesliga Kirim 6 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

Ivan Provedel saat Lazio vs Atletico Madrid

Photo :
  • AP Photo/Andrew Medichini

Berikut kami sajikan kiper lain yang bisa cetak gol di Liga Champions;

Tangis Chiharu Shida Usai Jepang Gagal ke Final Uber Cup 2024

1. Vincent Enyeama

Vincent Enyeama berhasil mencetak gol dalam pertandingan Liga Champions saat membela Hapoel Tel-Aviv pada 2010. Dia membobol gawang Olympique Lyon melalui titik putih.

Vincent Enyeama mulai menjadi eksekutor penalti Hapoel Tel-Aviv pada 2008/2009. Sebelum gawang Lyon, ada beberapa lainnya di kompetisi di luar Liga Champions yang bisa dia bobol.

Pemain asal Nigeria itu tak cuma sekali mencetak gol di Liga Champions. Karena setelah itu dia melakukannya lagi saat melawan FC Salzburg.

2. Sinan Bolat

Sinan Bolat mengukir namanya dalam sejarah kiper yang mencetak gol di Liga Champions pada 2009. Dia membela Standard Liege saat melawan AZ Alkmaar, dan membuat kedudukan imbang 1-1.

Dia memang bukan yang pertama menjadi kiper pencetak gol, tapi untuk yang prosesnya non-penalti, dia yang memulai. Dia mencetak gol melalui sundulan saat pertandingan memasuki menit 90+5.

3. Hans-Jorg Butt

Hans-Jorg Butt adalah salah satu kiper pencetak gol yang paling produktir. Mantan pemain asal Jerman itu mencetak 32 gol sepanjang kariernya dalam semua kompetisi. Tiga gol di antarnya dicetak di Liga Champions.

Anehnya, tiga gol penalti Hans-Jorg Butt di Liga Champions dicetak untuk klub berbeda tapi saat melawan tim yang sama, yakni Juventus.

Gol pertama Butt dicetak saat dia bermain untuk Hamburg. Lalu dia membobol gawang Juventus lagi saat membela Bayer Leverkusen. Setelahnya dia mencetak gol untuk Bayern Munich.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya