Ada Negara Penjajah Palestina, Ini 5 Peraih Trofi Piala Asia Terbanyak

Timnas Jepang merayakan kemenangan di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo

Jakarta - Piala Asia akan digelar pada akhir pekan ini, dimana Qatar akan menjadi tuan rumah. Pertandingan Qatar vs Lebanon akan menjadi laga pembuka di ajang tersebut.

Janji Manis Shin Tae-yong Loloskan Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade 2024

Namun seperti diketahui, ada beberapa negara yang mampu meraih Piala Asia terbanyak hingga saat ini. Selain itu juga, Israel pernah menjadi tuan rumah Piala Asia pada tahun 1964. Berikut beberapa daftar juara Piala Asia:

1. Jepang

All of People in Gaza Drinking Unsafe Water, Health Ministry Says

Pemain Timnas Jepang

Photo :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

Jepang menjadi negara terbanyak dengan meraih empat kali trofi Piala Asia yaitu pada tahun 1992, 2000, 2004 dan 2011. Pada kemenangan terakhir saat menghadapi Australia dengan skor tipis 1-0 dimana Qatar menjadi tuan rumah.

Pengungsi Gaza Ucapkan Terima Kasih pada Mahasiswa AS yang Memprotes Serangan Israel

2. Arab Saudi

Pemain Timnas Arab Saudi

Photo :
  • saff.com.sa

Kini Arab Saudi menjadi negara kedua dengan peraih trofi Piala Asia terbanyak yaitu tiga kali pada tahun 1984, 1988 dan 1996. Terakhir saat Arab Saudi meraih Piala Asia saat meraih kemenangan di laga puncak menghadapi Uni Emirat Arab melalui babak adu penalti dengan skor 4-2 setelah bermain imbang tanpa gol.

3. Iran

Timnas Iran di Piala Dunia Qatar 2022

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Torehan Iran menyamai Arab Saudi yaitu tiga kali meraih trofi Piala Asia yaitu pada tahun 1968, 1972 dan 1976. Kemenangan terakhir Iran saat menumbangkan Kuwait dengan skor tipis 1-0, dimana Iran menjadi tuan rumah Piala Asia tahun 1976.

4. Korea Selatan

Pemain Timnas Korea Selatan rayakan keberhasilan lolos ke 16 besar Piala Dunia

Photo :
  • AP Photo/Hassan Ammar

Korea Selatan kini sudah meraih dua kali juara Piala Asia yaitu pada tahun 1956 dan 1960. Pada tahun ini, Korea Selatan ingin mengakhiri puasa gelar Piala Asia selama 64 tahun. Kini mereka dihuni oleh beberapa pemain luar biasa seperti Son Heung Min.

5. Israel

Timnas Israel

Photo :
  • Jerussalem Post

Sebelum memutuskan bergabung ke Eropa, Israel dulu berada di wilayah Asia. Negara penjajah Palestina tersbeut pernah menjadi tuan rumah di Piala Asia pada tahun 1964. Selain itu juga mereka berhasil keluar sebagai juara saat menumbangkan India.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya