Alasan Lucu Pemain Timnas Australia Telungkup Diam Usai Bobol Gawang Indonesia

Pemain Timnas Australia, Martin Boyle
Sumber :
  • twitter.com/Socceroos

Qatar – Ada pemandangan tak biasa dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023 antara Australia vs Indonesia di Jassim Bin Hamad Stadium, Qatar pada Minggu malam WIB 28 Januari 2024. Pemain Timnas Australia, Martin Boyle telungkup diam usai mencetak gol pada menit 45.

Terpopuler: 6 Pemain Bidikan Inter Milan, Pengakuan Pelatih Korsel Usai Dihajar Indonesia

Gol Martin Boyle itu adalah yang kedua bagi Australia, karena sebelumnya bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott melakukan gol bunuh diri. Unggul dua gol, seperti tak dirayakan oleh Boyle ketika itu.

Pemain berusia 30 tahun itu membeberkan penyebab dia cuma tertelungkup diam usai meneruskan umpan silang Gethin Jones dengan sundulan dan membuat bola bersarang ke dalam gawang yang dikawal Ernando Ari. Rupanya dia sempat tak menyadari jika berhasil mencetak gol.

Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

Timnas Australia

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

"Saya tidak tahu. Semua orang memperhatikan saya. Saya cuma terdiam sesaat, tapi hal ini terjadi. Terasa lucu di kepala saya. Bola terasa keras, dan saya sedikit linglung," kata Boyle, dikutip dari Socceroos.com.au.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Banyak yang awalnya mengira, kepala Boyle terbentur tiang gawang. Karena terlihat dia memegangi kepala dengan kedua tangan. Diakuinya, memang mesti menjangkau bola dengan risiko terbentur tiang, mengingat posisinya sangat dekat.

"Saya harus berada di sana untuk mencetak gol, dan untungnya bola itu bisa menjadi gol," ujar pemain asal klub Hibernian FC di Liga Skotlandia tersebut.

Timnas Indonessia Vs Australia

Photo :
  • PSSI

Unggul dua gol di babak pertama tak lantas membuat Socceroos puas. Mereka coba terus menekan pertahanan Indonesia, dan berhasil menambah gol lewat Craig Goodwin pada menit 89, dan dua menit setelahnya Harry Souttar melengkapi.

Goodwin yang masuk sebagai pemain pengganti menurut Boyle adalah bukti jika kedalaman skuad Australia di Piala Asia 2023 sudah bagus. Ini menjadi sinyal positif untuk skuad asuhan Graham Arnold di laga selanjutnya.

"Ini menunjukkan kepada Anda dampak yang diberikan oleh para pemain cadangan, pemain-pemain top yang masuk dari bangku cadangan adalah hal yang bagus," tuturnya.

Australia tinggal menanti lawan di babak perempat final. Yang akan jadi lawan mereka adalah pemenang duel Arab Saudi vs Korea Selatan. Itu jelas bukanlah tim yang mudah dikalahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya