Aksi Tidak Sopan Roberto Mancini saat Arab Saudi Vs Korea Selatan

Pelatih Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini
Sumber :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Jakarta – Roberto Mancini dianggap tidak sopan saat Arab Saudi vs Korea Selatan berhadapan di Education City Stadium, Qatar pada Selasa malam WIB 30 Januari 2024 dalam babak 16 besar Piala Asia 2023. Duel ini harus diakhiri melalui adu penalti.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Timnas Arab Saudi unggul lebih dulu lewat gol Abdullah Radif saat babak kedua baru berjalan sekira satu menit. Gol balasan dari Timnas Korea Selatan tercipta saat injury time sudah memasuki menit sembilan melalui Cho Gue-sung.

Pertarungan yang berjalan sengit tersebut berlanjut ke adu penalti. Sayangnya ada dua eksekutor dari Arab Saudi, Sami Al-Najei dan Abdulrahman Ghareeb yang gagal melakukan tugasnya dengan baik.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Pelatih Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Ketika eksekusi penalti Abdulrahman Ghareeb berhasil dimentahkan oleh kiper Korea Selatan, Jo Hyeon-woo, Roberto Mancini yang kecewa langsung berjalan menuju ruang ganti. Padahal itu belum selesai, karena masih ada eksekutor lawan, Hwang Hee-chan yang akan menendang.

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Aksi tak sopan juru taktik asal Italia itu kemudian membuat penggemar Arab Saudi geram. Melalui media sosial mereka menumpahkan kekesalan melihat sikap Mancini yang dianggap tak menghormati pemain.

Presiden Federasi Sepakbola Arab Saudi, Yasser Al-Meshal juga memiliki anggapan yang sama. Menurut dia, sikap Mancini itu tak bisa diterima, akan tetapi setelahnya situasi bisa tenang.

Pemain Timnas Korea Selatan rayakan kemenangan

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

"Kepergian Mancini lebih awal tidak dapat diterima. Namun setelah itu pelatih bertemu dengan para pemain dan berterima kasih kepada mereka," kata Yassr Al-Meshal, dikutip dari Mirror.

Mancini nampaknya juga menyadari kekhilafannya. Dia kemudian mengutarakan permohonan maaf sembari memberi penjelasan mengapa dia bertindak seperti itu.

"Saya minta maaf. Saya pikir itu sudah selesai. Saya tidak ingin tidak menghormati siapa pun. Saya sangat senang, saya sangat sedih. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain saya atas apa yang telah mereka lakukan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya