PSV Vs Dortmund Imbang, Ulang Capaian 26 Tahun Lalu di Liga Champions

PSV Eindhoven vs Borussia Dortmund
Sumber :
  • AP Photo/Peter Dejong

Belanda – PSV Eindhoven menjamu Borussia Dortmund di Stadion Philips dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu dini hari WIB 21 Februari 2024. Kedua tim harus puas bermain imbang dengan skor 1-1.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Hasil imbang ini membuat PSV mampu mengulang catatan mereka di Liga Champions 26 tahun lalu. Mengutip Squawka, dalam enam pertandingan beruntun, wakil Belanda tidak terkalahkan, yakni imbang empat kali dan dua kali menang.

Terakhir kali mereka mencatatkan hasil pertandingan serupa pada Liga CHampions 1997/1998. Dan di musim 2023/2024, Luuk de Jong dan kawan-kawan mampu membuat catatan yang sama.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

PSV Eindhoven vs Borussia Dortmund

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong

Dortmund sempat unggul lebih dulu ketika pertandingan memasuki menit 24 lewat Donyell Malen. Di babak kedua, tepatnya menit 56, de Jong menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti.

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Pelatih PSV, Peter Bosz mengatakan anak asuhnya terlihat kesulitan di babak pertama karena tekanan dari Dortmund. Meski kemudian mereka dapat peluang, namun tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

Pertandingan ini betul-betul membuat anak asuhnya harus bekerja keras. Ketika sudah berhasil menyamakan kedudukan, menurut Bosz timnya bisa saja menambah gol lagi ke gawang tim tamu.

"Ini adalah pertandingan yang intens. Mereka tidak terlalu sering melakukan serangan balik dan kami mengendalikan pertandingan, jadi sayang sekali kami tidak mencetak gol kedua," kata Bosz, dikutip dari laman resmi UEFA.

PSV Eindhoven vs Borussia Dortmund

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong

"Saya tidak berpikir faktanya bahwa pertandingan Liga Champions memiliki dampak yang terlalu besar. Harus tetap ada pemahaman tentang apa yang harus Anda lakukan," imbuhnya.

Leg kedua akan dimainkan PSV di markas Dortmund. Hasil imbang ini jelas tak menguntungkan mereka, tapi sang juru taktik tak mau pesimistis, karena segala kemungkinan terbuka.

"Segalanya masih mungkin. Kami telah menunjukkan musim ini bahwa bisa meraih hasil di laga tandang. Anda melihat bagaimana kami mengambil kendali malam ini ketika menguasai bola. Kami tetap tenang di bawah tekanan. Tanpa menggunakan umpan panjang, kami bermain keluar dari tekanan."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya