Format Baru Liga Champions, 4 Jatah Tambahan Milik Siapa?

Manchester City juara Liga Champions 2022/2023
Sumber :
  • AP Photo/Francisco Seco

JAKARTAUEFA akan menerapkan format baru untuk Liga Champions musim 2024/25 mendatang. Salah satu menarik adalah mengenai jumlah peserta.

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Bakal ada empat peserta tambahan. Jika biasanya diikuti 32 tim, mulai musim depan diikuti 36 tim.

Lantas untuk siapa sajakah empat peserta tambahan tersebut?

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Dilansir situs resmi UEFA, slot pertama akan diberikan kepada klub pada peringkat ketiga dalam kejuaraan asosiasi di posisi kelima dalam daftar akses yang ditentukan melalui peringkat koefisien klub oleh UEFA.

Jika mengacu pada peringkat saat ini, yang mendapat jatah tambahan adalah Ligue 1 Prancis. Artinya, peringkat ketiga Ligue 1 2023/24 akan lolos ke Liga Champions musim depan.

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Trofi Liga Champions

Photo :
  • twitter.com/ChampionsLeague

Jatah tambahan kedua diberikan kepada juara domestik dengan menambah empat hingga lima jumlah klub yang lolos melalui jalur Champions dari proses kualifikasi kompetisi, terdiri dari empat babak kualifikasi.

Terakhir, jatah ketiga dan keempat diberikan kepada asosiasi dengan performa kolektif terbaik dari klub-klub mereka pada musim sebelumnya.

Jika mengacu pada peringkat koefisien UEFA saat ini, liga yang mendapat jatah tambahan adalah Premier League dan LaLiga. Jika posisi bertahan, posisi kelima Premier League dan LaLiga bakal menembus Liga Champions musim depan.

Format Baru
Biasanya, 32 tim di Liga Champions dibagi dalam delapan grup. Nantinya, 36 tim akan bertanding dalam satu grup saja atau dikenal sebagai League Phase.

Setiap tim bakal bertanding delapan pertandingan di League Phase dan akan menghadapi delapan tim berbeda, empat pertandingan tersebut bakal menjadi laga kandang, dan empat sisanya bakal tandang.

Setelah League Phase berakhir dan klasemen akhir diketahui, maka Liga Champions akan berlanjut ke babak gugur, dengan tim peringkat pertama sampai kedelapan bakal otomatis lolos, sedangkan tim peringkat sembilan hingga 24 bakal melakoni babak play off untuk berebut delapan tiket tersisa ke babak 16 besar dengan format dua leg.

Sementara itu, tim peringkat 25-36 dipastikan gugur dan tidak akan ada lagi tim yang turun ke Liga Europa.

Mulai dari babak 16 besar, format dua leg akan tetap digunakan sampai babak semifinal dan partai final bakal digelar di tempat netral yang telah dipilih oleh UEFA.

Dengan hanya terdapat satu 'grup' saja, lantas bagaimana pembagian pertandingannya jika setiap tim hanya akan memainkan delapan laga?

UEFA mengungkapkan bahwa sistem pot tetap akan digunakan untuk menentukan drawing pertandingan di League Phase.

Akan ada empat pot yang berisikan sembilan tim dan setiap tim akan menghadapi dua tim dari masing-masing pot

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya