Simak Format Baru Liga Champions Musim Depan, 36 Tim Cuma 1 Grup

Trofi raksasa Liga Champions
Sumber :
  • AP Photo/Khalil Hamra

JAKARTALiga Champions akan mengalami perubahan format besar-besaran mulai musim 2024/25 mendatang. Format baru ini akan membuat lebih banyak pertandingan.

Puasnya AC Milan Bawa Pulang Poin dari Markas Juventus

Yang pertama, dilansir situs resmi UEFA, adalah mengenai jumlah peserta. Bakal ada empat peserta tambahan. Jika biasanya diikuti 32 tim, mulai musim depan diikuti 36 tim.

Biasanya, 32 tim di Liga Champions dibagi dalam delapan grup. Nantinya, 36 tim akan bertanding dalam satu grup saja atau dikenal sebagai League Phase.

Mohamed Salah Rahasiakan Penyebab Ribut dengan Klopp

Setiap tim bakal bertanding delapan pertandingan di League Phase dan akan menghadapi delapan tim berbeda, empat pertandingan tersebut bakal menjadi laga kandang, dan empat sisanya bakal tandang.

Bocah Super Arsenal Kembali Bikin Heboh

Setelah League Phase berakhir dan klasemen akhir diketahui, maka Liga Champions akan berlanjut ke babak gugur, dengan tim peringkat pertama sampai kedelapan bakal otomatis lolos.

Sedangkan tim peringkat sembilan hingga 24 bakal melakoni babak play off untuk berebut delapan tiket tersisa ke babak 16 besar dengan format dua leg.

Sementara itu, tim peringkat 25-36 dipastikan gugur dan tidak akan ada lagi tim yang turun ke Liga Europa.

Mulai dari babak 16 besar, format dua leg akan tetap digunakan sampai babak semifinal dan partai final bakal digelar di tempat netral yang telah dipilih oleh UEFA.

Dengan hanya terdapat satu 'grup' saja, lantas bagaimana pembagian pertandingannya jika setiap tim hanya akan memainkan delapan laga?

UEFA mengungkapkan bahwa sistem pot tetap akan digunakan untuk menentukan drawing pertandingan di League Phase.

Akan ada empat pot yang berisikan sembilan tim dan setiap tim akan menghadapi dua tim dari masing-masing pot.

Format baru ini juga akan diterapkan di Liga Europa dan Liga Konferensi Eropa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya