Inilah 9 Juara Grup Kualifikasi Euro 2012

Pemain Jerman di pertandingan melawan Belgia
Sumber :
  • REUTERS/Wolfgang Rattay

VIVAnews - Purna sudah Kualifikasi Euro 2012. Dari sembilan grup yang bertanding sejak Agustus 2010, lahir sembilan negara juara grup dan satu Runner Up terbaik.

Kesepuluh negara ini berhak langsung melaju ke putaran final Euro 2012. Sedangkan delapan Runner Up (selain Runner Up terbaik) masing-masing grup harus melalui babak play-off yang dimulai pada 11-12 November dan 15 November 2011.

Dari delapan Runner Up, hanya akan ada empat tim yang berhak melaju ke putaran final Euro 2012 di Polandia dan Ukraina. Dengan demikian, 10 finalis pertama, ditambah dua tuan rumah, dan empat tim yang lolos dari play off akan menghasilkan 16 tim yang akan bertanding di Euro 2012.

Kesembilan juara Grup itu antara lain:
1. Jerman di Grup A. Lolos ke Euro 2012 dengan rekor sempurna tidak pernah kalah dari 10 pertandingan.

2. Rusia di Grup B. Melaju setelah meraih 23 poin dari 10 pertandingan, hanya sekali kalah dan dua kali imbang.

3. Italia di Grup C. Meski sempat goyah di awal penyisihan, Italia melaju mulus dengan menuai delapan kemenangan dari 10 pertandingan.

4. Prancis di Grup D. Nyaris tidak lolos ketika di pertandingan terakhir bertemu Bosnia-Herzegovina. Namun, penalti Samir Nasri menyelamatkan tiket tim Ayam Jantan ke Polandia-Ukraina.

5. Belanda di Grup E. Hampir saja menyamai rekor Jerman dengan tidak pernah kalah di 10 pertandingan. Namun, di laga akhir melawan Swedia, Belanda tumbang 2-3.

6. Yunani di Grup F. Meski negara ini dilanda krisis moneter, tak menghalangi langkah mereka ke putaran final Euro 2012.

7. Inggris di Grup G. Trauma empat tahun lalu gagal lolos ke Euro berhasil ditebus Inggris. The Three Lions menuai 18 poin dari delapan pertandingan.

8. Denmark di Grup H. Lolos secara dramatis setelah di pertandingan terakhir mengalahkan Portugal 2-1.

9. Spanyol di Grup I. Sama seperti Jerman, Spanyol tidak pernah kalah di penyisihan. Juara bertahan ini mengoleksi 24 poin dari delapan pertandingan.

10. Swedia, Runner Up terbaik di Grup E. Tim asal Skandinavia ini mengoleksi 24 poin dari 10 pertandingan. Hasil pertandingan terakhir melawan Belanda menjadi yang paling mengejutkan. Karena Swedia berhasil mematahkan rekor Tim Orange.

Delapan Runner Up lainnya; Portugal, Kroasia, Irlandia Utara, Bosnia-Herzegovina, Rep Ceko, Estonia, Montenegro, Turki.

Pro Kontra Nation League yang Digagas UEFA
Pemain Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas cs.

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Selasa Ini Hingga Rabu Dini Hari

Sore ini,Timnas U-19 akan melakoni laga terakhir penyisihan Piala Asia

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2014