UEFA Pertimbangkan Gelar Piala Eropa di Banyak Negara

Michel Platini
Sumber :
  • search.wn.com

VIVAbola - Asosiasi Sepakbola Eropa (UEFA) sedang mempertimbangkan untuk melakukan terobosan baru berupa pelaksanaan Piala Eropa di 12 hingga 13 negara. Langkah ini dianggap bisa mengurangi beban biaya tuan rumah di tengah krisis keuangan yang melanda benua Eropa.

Langkah ini akan dibicarakan kepada dewan yang terdiri dari 53 federasi sepakbola anggota UEFA. Jika disetujui, maka keputusan final akan diputuskan di awal 2013 dalam sebuah rapat komite eksekutif UEFA.

"Saya sangat menyukai gagasan ini. Dan mayoritas komite eksekutif menganggap ini adalah ide yang sangat baik. Jika ada suara mayoritas (dari dewan UEFA), keputusan bisa dibuat dengan sangat cepat," kata Presiden UEFA, Michael Platini seperti dilansir ndtv, Kamis 6 Desember 2012.

Menurutnya, jika gagasan ini terealisasi maka tidak akan membebankan tuan rumah yang terpilih. Sebelumnya, penyelenggaraan Piala Eropa maksimal dilakukan oleh dua negara yang bertetangga. Seperti Piala Eropa 2012 yang dihelat di Polandia dan Ukraina.

"Mengapa harus satu atau dua negara saja? Mereka akan diwajibkan membangun 10 stadion, bandara, dan lain-lain. Sedangkan gagasan kami ini cukup satu stadion di satu kota pernegara di seluruh Eropa. Ini akan menjadi jauh lebih murah dan sederhana," papar mantan bintang Prancis itu.

Namun tidak semua pihak menyetujui gagasan Platini. Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke mengungkapkan jika gagasan tersebut terealisasi, maka akan menghancurkan semangat kompetisi. Karena pertandingan-pertandingan tersebut tersebar di sejumlah negara.

"Bukan bermaksud sok kritis, saya memahami kebutuhan UEFA di tengah krisis yang melanda Eropa. Tapi itu bukan pilihan terbaik untuk turnamen ini. Keputusan itu hanya berdasarkan situasi ekonomi," katanya. (adi)

Pro Kontra Nation League yang Digagas UEFA
Pemain Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas cs.

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Selasa Ini Hingga Rabu Dini Hari

Sore ini,Timnas U-19 akan melakoni laga terakhir penyisihan Piala Asia

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2014