Champions League Grup E

Bantai Genk 7 Gol, Valencia Gusur Chelsea

Penyerang Valencia Aritz Aduriz (putih) duel dengan Ivan Hernandez
Sumber :
  • yahoosport

VIVAnews - Valencia tampil fantastis di laga kandang melawan Racing Genk, pada laga penyisihan Grup E Champions League, Kamis dini hari WIB, 24 November 2011. Tim besutan Unai Emery ini membantai tamunya tujuh gol tanpa balas.

Mourinho Bakal Tukangi Valencia?

Valencia hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mengungguli tamunya. Gol pembuka wakil La Liga ini dicetak oleh tandukan Jonas yang memanfaatkan sepak pojok.

Hanya berselang tiga menit, tim tuan rumah sudah menggandakan keunggulan. Adalah Roberto Saldado yang menaklukkan kiper Genk, Laszlo Koteles, berkat umpan matang Jonas. 2-0 sementara untuk Valencia.

Valencia Pecat Gary Neville

Gol ketiga tercipta di menit 36 dan kali ini kembali dicetak oleh Saldado. Dan tiga menit kemudian, penyerang berkebangsaan Spanyol ini pun sukses menorehkan hattrick untuk membawa Valencia semakin jauh memimpin 4-0.

Hingga akhir babak pertama, Genk belum mampu membalas satu pun gol tim tuan rumah. Alih-alih mencuri gol, tim asal Belgia ini justru harus kebobolan lagi.

Format Liga Champions Akan Diubah Lagi?

Ya, Valencia membuka kran golnya di babak kedua ketika memasuki menit 68. Kali ini Pablo Hernandez yang mengubah kedudukan menjadi 5-0 untuk keunggulan Los Che.

Hanya dua menit berselang, giliran Aritz Aduriz yang menambah koleksi gol Valencia. Baru masuk di menit 65 menggantikan Saldado, Aduriz langsung menebar terror di pertahanan Genk dan sukses membawa Valencia kian mendominasi, 6-0.

Gempuran serangan tim tuan rumah pantang mengendur, hingga laga tersisa 10 menit lagi. Terbukti di menit 81, Valencia mengukuhkan keunggulan 7-0 lewat gol yang dicetak Tino Costa. Berawal dari tendangan Jonas yang ditepis Koteles, kemudian Costa menyambarnya dan sukses mengarahkan bola ke gawang.

Hingga peluit panjang berbunyi, gawang Valencia yang dikawal Diego Alves terselamatkan. Kemenangan telak inipun sukses mendongkrak posisi Valencia di klasemen sementara Grup E.

Sama-sama mengoleksi 8 poin, Valencia kini berhak menduduki posisi runner-up sekaligus menggusur Chelsea ke urutan ketiga, lantaran unggul agresivitas gol. Di saat yang sama, Chelsea harus mengakui keunggulan wakil Jerman, Bayer Leverkusen 2-1.

Valencia dan Chelsea masih memiliki peluang lolos ke babak 16 besar dan nasib keduanya akan ditentukan di laga pamungkas fase grup. Laga tersebut akan digelar di markas Chelsea, Stamford Bridge, pada 7 Desember mendatang.  

Susunan pemain

Valencia: 1-Diego Alves; 23-Miguel, 4-Adil Rami, 18-Victor Ruiz, 22-Jeremy Mathieu; 19-Pablo Hernandez, 5-Mehmet Topal, 24-Tino Costa, 8-Sofiane Feghouli; 7-Jonas, 9-Roberto Soldado.

Racing Genk: 26-Laszlo Koteles; 11-Anthony Vanden Borre, 7-Khaleem Hyland, 20-Nadson, 33-Daniel Pudil; 19-Thomas Buffel, 15-Fabien Camus, 8-Daniel Tozser, 14-Kevin De Bruyne; 9-Jelle Vossen, 18-Elyaniv Barda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya