Waspada Hooligans dan Ultras di Euro 2012

Suporter Piala Dunia Rugby 2011
Sumber :
  • REUTERS/ Jacky Naegelen

VIVAnews - Sebagai tuan rumah putaran final Euro 2012 bersama Polandia, Ukraina berharap penyelenggaraan event dua tahunan ini berjalan aman dan lancar. Berbagai antisipasi dilakukan negeri pecahan Uni Soviet itu, demi mencegah terjadinya sesuatu yang merugikan semua pihak.

Pro Kontra Nation League yang Digagas UEFA

Salah satu aspek yang menjadi perhatian penting tim tuan rumah adalah tingkat keamanan. Seperti diketahui, di beberapa negara Eropa, sepakbola bahkan sudah seperti salah satu keyakinan yang dianut para suporter.

Di Benua Biru, suporter fanatik dikenal dengan sebutan hooligans dan ultras. Tak jarang mereka membuat kericuhan di dalam maupun luar stadion, terlebih jika tim kesayangan mereka harus menderita kekalahan.

FOTO: Mueller Gemilang, Munich Tekuk Barcelona 4-0

Inilah yang sangat diwaspadai oleh Ukraina. Demi menciptakan kondisi aman sepanjang gelaran Euro 2012, sejak dini pemerintah Ukraina sudah menyiagakan unit khusus untuk memantau hooligans dan ultras.

“Kami sudah menyiapkan unit spesial di kementrian dalam negeri Ukraina, yang akan memantau hooligans dan ultras yang sudah tercantum dalam database UEFA dan Ukraina,” ungkap Kepala Deputi Komite Persiapan Euro 2012 Ukraina, Alexander Birsan.

VIDEO: Gol-gol Bayern Munich ke Gawang Barcelona

“Pembentukan NFIP ini adalah inisiatif UEFA. Dalam database NFIP, semua nama hooligans sudah tercantum dan UEFA menggunakan informasi kami jika membutuhkan untuk mencegah suporter tersebut datang ke pertandingan,” jelasnya seperti dikutip dari AFP, Jumat 2 Desember 2011.

Birsan menambahkan, NFIP sudah mulai beroperasi meskipun gelaran Euro 2012 baru akan berlangsung pada Juni-Juli mendatang. NFIP sempat memantau pertandingan Champions League Eropa antara klub Ukraina, Shakhtar Donetsk melawan jawara Rusia, Zenit St. Petersburg, pada 19 Oktober lalu.

Pemain Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas cs.

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Selasa Ini Hingga Rabu Dini Hari

Sore ini,Timnas U-19 akan melakoni laga terakhir penyisihan Piala Asia

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2014