Spanyol Akan Sulit Pertahankan Gelar

Timnas Spanyol
Sumber :
  • REUTERS/Heino Kalis

VIVAnews - Mantan pelatih timnas Jerman, Berti Vogts percaya Spanyol akan gagal mempertahankan gelar juara pada Piala Eropa 2012 musim panas mendatang di Polandia dan Ukraina. Saat ini La Furia Roja berstatus sebagai juara bertahan Euro setelah meraihnya pada Piala Eropa 2008 lalu. Selain itu, Iker Cassilas dan kawan-kawan juga sukses meraih Piala Dunia 2010.

Pelatih berusia 64 tahun ini berpendapat status sebagai juara bertahan akan membuat Spanyol kehilangan motivasi atau gairah untuk mempertahankannya. "Spanyol tidak akan mempertahankan gelar. Jika anda telah memenangkan gelar, maka anda akan kehilangan gairah dua hingga tiga persen untuk mempertahankannya," ujar Vogts saat diwawancarai Kickers.

Vogts adalah pelatih Jerman selama delapan tahun antara 1990 dan 1998. DI tangannya, Der Panzer sukses meraih gelar Piala Eropa 1996. Sayangnya gelar tersebut merupakan gelar terakhir yang diraih Jerman hingga saat ini. Namun Vogts yakin puasa gelar Jerman akan berakhir di Piala Eropa 2012 mendatang.

Menurutnya, Jerman di bawah asuhan Joachim Loew mempunyai kans besar merebut gelar juara dari tangan Spanyol. "Yang pasti, Jerman dapat bersaing. Saat ini kami (Jerman) memiliki tim terbaik di dunia. Tapi tentu itu harus dibuktikan dengan meraih kemenangan," ujarnya.

Untuk menjuarai Piala Eropa 2012, Jerman harus memulai dengan ujian yang berat. Pasalnya hasil undian menetapkan Jerman bergabung di 'grup neraka'. Philipp Lahm dan kawan-kawan masuk dalam Grup B bersama Belanda, Portugal dan Denmark. Sementara Spanyol masuk dalam Grup C bersama Italia, Republik Irlandia dan Kroasia.

"Jerman akan meraih gelar jika mereka tidak membuat kesalahan dalam lini pertahanan," pesan Vogts yang saat ini melatih timnas Azerbaijan sejak 2008. (irb)

Resmi, Fernando Hierro Mundur dari Timnas Spanyol
Fernando Hierro saat menangani Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018

Spanyol Tunjuk Pengganti Fernando Hierro

Fernando Hierro menolak kembali menjadi Direktur Olahraga RFEF.

img_title
VIVA.co.id
9 Juli 2018