Der Panzer Bakal Dominasi Eropa Hingga 2022

Timnas Jerman rayakan gol
Sumber :
  • Martin Meissner/AP

VIVAnews - Legenda Prancis, Willy Sagnol, mengakui Timnas Jerman sebagai tim terkuat saat ini. Sagnol bahkan memprediksi Der Panzer bakal mendominasi sepakbola Eropa selama satu dekade ke depan.

Sekitar 10 tahun lalu, sepakbola Jerman sebenarnya berada di titik terendah. Tak ada regenerasi di skuad tim Panser. Guna mengatasi masalah ini, Federasi Sepakbola Jerman (DFB) kemudian menerapkan sistem yang mengutamakan pemain-pemain muda mereka.

Kerja keras ini terbayar lunas, karena pemain-pemain muda Jerman seperti Lukas Podolski, Bastian Schweinsteiger, dan Philipp Lahm berhasil promosi ke tim utama. Generasi terakhir yang mengorbit adalah generasi Sami Khedira, Mesut Oezil, dan Thomas Mueller, yang meroket di Afrika Selatan.

"Jerman akan mendominasi sepakbola Eropa selama 10 tahun ke depan. Saya pikir mereka tidak lagi memiliki kelemahan," kata Sagnol kepada Kicker.

Dalam tiga turnamen besar terakhir, Jerman minimal melaju hingga semifinal. Pada Piala Eropa 2008, mereka bahkan sukses melenggang ke final sebelum akhirnya ditundukkan Spanyol.

"DFB memiliki model untuk sepakbola mereka. Struktur sepakbola di Jerman jauh lebih stabil," tuturnya.

Meski mengakui kehebatan Die Mannschaft, Sagnol masih meragukan sosok pemimpin-pemimpin di Timnas Jerman setelah era Michael Ballack berakhir. Kapten utama Jerman, Philipp Lahm, masih berusia 28 tahun. Sementara itu, wakilnya, Bastian Schweinsteiger, juga masih relatif muda dengan usia 27 tahun.

"Jerman tidak memiliki fase yang sulit sejak 2006. Tapi, mungkin satu-satunya masalah di tim nasional Jerman adalah masalah kepemimpinan," papar Sagnol. (art)

Wasit Prancis vs Jerman Sempat Tak Sadar Ada Serangan Bom
Para pemain Korea Selatan merayakan gol ke gawang Jerman.

Korsel Hampir Permalukan Jerman di Penyisihan Olimpiade

Korsel sempat unggul atas Jerman.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016