Sawa Pemain Wanita Terbaik Dunia 2011

Homare Sawa
Sumber :
  • REUTERS/Christian Hartmann

VIVAnews - Kapten timnas wanita Jepang, Homare Sawa sukses meraih gelar Pemain Wanita Terbaik Dunia atau FIFA Balon d'Or 2011. Terpilihnya Sawa mematahkan dominasi pemain Brasil, Marta yang lima kali meraih gelar pemain terbaik dunia berturut-turut sejak 2006 lalu. 

Sawa mengumpulkan 28,51 persen suara, mengungguli juara sebelumnya, Marta dan Abby Wambach dari Amerika Serikat, yang menerima 17,28 persen dan 13,26 persen. Terpilihnya Sawa mengacu kepada kesuksesannya memimpin timnas Jepang meraih Piala Dunia Wanita 2011 di Jerman. Di ajang itu, Sawa juga berhasil memenangkan pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak, yaitu lima gol.

Sawa mengaku tidak dapat menutupi kebahagiannya atas penghargaan bergengsi yang berhasil ia terima. Ia pun mengaku memeprsembahkan penghargaan ini kepada Asosiasi Sepakbola Jepang yang telah mendukung karirnya.

"Ketika saya mendengar nama saya diumumkan sebagai juara, pikiran saya sempat kosong. Saya hampir tidak bisa mempercayainya," ujar Sawa seperti dikutip dari FIFA, Selasa, 10 Januari 2012.

"Penghargaan ini bukan hanya untuk saya. Jadi saya ingin mendedikasikan kepada mereka semua. Penghargaan ini sekarang akan dipajang di Asosiasi Sepakbola Jepang, di mana banyak penggemar akan dapat menyaksikannya," tandasnya.

Peta Kekuatan 8 Besar Piala Asia 2015
Para pemain UEA pada laga perempatfinal Piala Asia kontra Jepang

UEA Kubur Mimpi Jepang Pertahankan Piala Asia

Selama 90 menit dan dua kali extra time, kedua tim bermain imbang 1-1.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2015