Afganistan Rebut Trofi Internasional Pertama

Afghanistan juara Piala SAFF
Sumber :
  • fifa.com
VIVAbola -
Roberto Carlos Jadi Pelatih Klub ISL
Afganistan sukses merebut trofi internasional pertama. Tim besutan Mohammad Yousef Kargar menjadi juara turnamen yang diadakan Federasi Sepakbola Asia Selatan (SAFF). Di final, Afganistan menekuk juara enam kali, India dengan skor 2-0, Rabu 11 September 2013.

Wag's Cantik Ini Pamer Pengalaman Tinggal di Negeri Mahabharata

Tampil di hadapan sekitar 5000 penonton di Dasarath Rangashala Stadium, Nepal, Afganistan membuka keunggulan menit ke-9. Mustafa Azadzoy berhasil membobol gawang India. Sandjar Ahmadi menggandakan keunggulan Afganistan menit ke-62.
Belasan Ular Berbisa Invasi Stadion Sepakbola di India


Afganistan merupakan salah satu pendiri Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pada 1954. Namun, sepakbola mereka sempat mati suri akibat perang dan pemberontakan. Sepakbola Afganistan akhirnya bangkit dan kini menempati posisi 139 FIFA.


Keberhasilan ini terasa manis bagi Afganistan. Sebab, mereka sukses membalaskan dendam dua tahun lalu. Saat itu, Afghanistan juga melaju ke final, namun kalah 0-4 dari India.


"Anda tak bisa membayangkan betapa besar momen ini bagi negara kami, fans, tim, dan saya sendiri. Ini adalah pertandingan penting bagi kami. Bukan hanya karena kami ingin membalas dendam," kata pelatih Afganistan, Yousef Kargar seperti dilansir situs resmi FIFA.


"Kami telah membuktikan bahwa kami termasuk dalam dunia sepakbola. Tim kami telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Saya yakin kami akan menjadi lebih baik di tahun-tahun selanjutnya," tambahnya.


Kemenangan ini disambut meriah oleh rakyat Afganistan. Di Kabul, rakyat Afganistan menonton pertandingan di Pasar Mekkah. Usai laga, mereka pun larut dalam euforia.


"Saya sangat senang. Saya sangat bangga," kata salah satu warga, Waheedullah, seperti dilansir
The World Game
.


"Bagaimana saya menjelaskan perasaan saya? Dari awal sampai saat ini mata saya terpaku ke layar TV, Teman-teman dan saya hanya bisa berdoa untuk menjadi juara. Ini salah satu hari terindah dalam hidup saya," dia menambahkan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya